Alternatif Pengembangan Usaha Selain Franchise

Ketika bisnis sedang berjalan baik, maka hal pertama yang dipikirkan oleh pemilik usaha adalah mengembangkan usahanya agar lebih besar lagi. Mengembangkan usaha agar lebih besar ini umumnya bertujuan untuk mendatangkan omset lebih banyak, memperluas popularitas dan jangkauan merek serta yang paling utama adalah menambah keuntungan bagi pemilik.

Pada akhirnya tujuan seseorang berbisnis itu adalah bagaimana bisnisnya bisa menguntungkan serta dapat bertahan lama. Untuk mewujudkan tujuan ini memang tidak mudah, namun apabila konsisten untuk melaksanakannya maka tentu saja tujuan ini dapat tercapai.

Pada artikel ini khusus akan dibahas berbagai macam pilihan pengembangan bisnis yang bertujuan untuk memperluas jangkauan merek serta popularitas merek. Memperluas jangkauan merek serta popularitas merek ini tentunya hanya dapat dilakukan dengan menduplikasi bisnis tersebut. Dalam menduplikasi bisnis ini sebenarnya ada beberapa cara yang dapat diambil. Cara-cara tersebut bisa diklasifikasi menjadi 3 kelompok:

ART 1

  • Kalau outlet yang diduplikasi merupakan milik sendiri, maka orang lazim menyebutnya dengan Dengan status kepemilikan outlet sebagai cabang, maka kegiatan operasional dan investasi merupakan tanggung jawab pusatnya.

 

  • Kalau outlet yang diduplikasi merupakan milik bersama dengan mitra, maka kita dapat menyebutnya sebagai Joint Venture (JV). Dengan status kepemilikaan outlet sebagai JV, maka perlu diatur terlebih dahulu peranan masing-masing pihak dalam kegiatan operasional dan investasi. Apakah mitra berperan aktif atau pasif, dalam arti lain, apakah mitra akan berperan mengurusi kegiatan operasional atau tidak serta sejauh mana peranannya apabila ikut terlibat dalam kegiatan operasional. Terkait dengan investasi juga perlu diatur seberapa besar nilai investasi yang ditanggung masing-masing pihak.

 

  • Kalau outlet yang diduplikasi merupakan milik mitra, maka ada 3 alternatif jenis kerjasama yang dapat dipilih berdasarkan hak yang diberikan oleh pemilik merek dengan mitra. Alternative tersebut adalah:

ART2

Pembahasan mengenai Franchise, lisensi dan BO sudah pernah dibahas artikel sebelumnya, anda dapat baca disini.

Semoga penjelasan mengenai alternatif pengembangan usaha selain franchise ini memberikan inspirasi buat Anda yang sedang berpikir untuk mengembangkan usaha. Atau jika Anda masih bingung untuk memilih yang mana yang cocok dengan bisnis Anda, Silahkan kontak saya di wahdifakhrozy@ifbm.co.id

Selamat Berbisnis!!

Wahdi Fakhrozy

THE FRANCHISE CONSULTANT

wahdifakhrozy@franchiseacademy.co.id

wahdifakhrozy@ifbm.co.id

International Franchise Business Management

Member of World Franchise Associate (WFA)

 Menara Kadin Indonesia

Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3

Jakarta

 

1 Comment

  1. Pingback: Kiat Sukses Berbisnis Franchise : Tips Memilih Mitra Franchise | Franchise Academy Indonesia

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!