Cara Franchise – Apakah Bisnis Saya Bisa Difranchisekan ?

Cara franchise suatu bisnis seringkali dipertanyakan oleh para pemilik bisnis. Bisnis franchise adalah salah satu strategi atau cara memasarkan produk atau jasa selain itu ada juga bisnis yang sejenis seperti kemitraan atau business opportunity ataupun lisensi. Cara franchise setiap bisnis pada umumnya sama, biasanya dalam bentuk Business Opportunity atau Franchise.

Banyak ragam dan jenis bidang usaha disekitar kita, mulai dari yang bermodal kecil dengan bentuk dan penampilan booth yang sederhana hingga yang memerlukan modal usaha yang cukup besar. Mulai dari tukang nasi goreng dipinggir jalan sampai nasi goreng berkelas hotel berbintang lima atau dari jasa pencucian pakaian dengan cara kiloan sampai pencucian pakaian yang berada di Mall yang mahal tentunya dan mempunyai pola atau cara pemasaran yang berbeda- beda. Ada yang dijalankan dengan cara biasa pada umumnya maupun secara franchise .

Disetiap seminar franchise yang kami selenggarakan hampir pasti diikuti tidak kurang 100 orang. Banyak dari peserta yang sebagian besar memberikan pertanyaan kepada kami tentang cara franchise dan apakah bisnis mereka bisa difranchisekan serta kiat-kiatnya seperti apa jika mereka akan memfranchisekan bisnisnya. Menurut kami dari pandangan kami sebagai konsultan franchise, hampir semua bidang usaha bisa difranchisekan asalkan mempunyai beberapa kriteria yang dapat dipenuhi. Kriteria ini antara lain apakah bisnisnya sudah memberikan keuntungan atau proven.

Mengapa demikian? Karena jika bisnisnya saja rugi bagaimana nantinya jika dia sudah menjual franchisenya tentunya yang rugi adalah franchiseenya atau orang yang membeli bisnisnya. Hal lain yang tak kalah penting adalah bisnisnya mempunyai keunikan atau ciri khas baik pada produknya yang ditawarkan dan bagaimana cara penyajiannya. Keunikan lain mungkin adalah metoda pengajarannya jika dia berbisnis franchise pendidikan atau bimbingan belajar.

Mengapa keunikan begitu penting adalah karena keunikan atau ciri khas usaha adalah nilai lebih yang anda tawarkan kepada orang lain sehingga menjadi nilai tambah bagi produk yang anda jual. Mungkin saja semua bidang usahannya sama tetapi satu sama lainnya mempunyai ciri khas atau keunikan yang berbeda beda. Langkah selanjutnya apakah bisnisnya sudah distandarisasikan – baik pada produknya, metodenya atau konsep manajemen di perusahaannya.

Contoh standarisasi adalah bagaimana cara mengelola keuangan ataupun mengelola barang dagangannya, selanjutnya transferable atau mudah di ajarkan kepada orang sehingga orang tersebut bisa dengan mudah menjalankan bisnis yang sama dengan diajarkan kepadanya. Oleh karena itu, banyak bisnis yang dengan cara yang rumit menjalankannya agak sulit untuk difranchisekan karena setiap cabang atau unit usaha satu dengan yang lainnya tentunya harus sama dan tidak berbeda tiap unit usahanya.

Ada motto yang mengatakan “more simple, more success” artinya bisnis yang mudah diajarkan lebih cepat sukses dan cepat berkembang sebagai contoh adalah bisnis yang menyajikan makanan siap saji seperti burger atau ayam goreng banyak yang berkembang dengan pesat seperti Mc Donald dan KFC tetapi walaupun mudah diajarkan kepada orang lain akan tetapi ada beberapa kerahasiaan yang tetap anda jaga agar tidak mudah di tiru atau dibajak orang lain.

Yang tak kalah pentingnya adalah merek atau brand yang anda miliki karena dengan kita menjadi franchisor berarti kita memberikan hak kepada franchisee kita untuk menggunakan nama atau merek yang kita miliki dan yang terpenting apakah sudah didaftarkan pada instansi atau lembaga yang mempunyai keterkaitan dengan hukum karena masalah merek atau brand merupakan nyawa atau ruh dari bisnis yang anda jalankan kalau anda ingin mendaftarkankan merek di Indonesia berada di Dirjen HKI dibawah Departement Hukum dan HAM agar ketika bisnis anda berjalan akan terlindung dari gugatan pihak lain dan dibawah payung hukum yang jelas dan sebagai bahan pertimbangan anda yang berkeinginan memfranchisekan bisnisnya apakah bisnisnya mempunyai kriteria yang sama dengan yang telah kami uraikan diatas jika sama maka bisnis anda sudah dipastikan bisa di franchisekan

Salam franchise

Taufik Hidayat

Peluang Usaha Franchise

Peluang Usaha Franchise Dunia

Ebook Franchise SOP For Resto