Bisnis Waralaba Indonesia – Kekuatan Merek Usaha Waralaba

Didalam bisnis waralaba Indonesia, maupun kehidupan kita sehari-hari  kita pasti menjumpai berbagai nama produk mulai dari sabun mandi, pasta gigi dan baju yang kita pakai. Bahkan saat kita menikmati acara televisi pasti akan ditawarkan berbagai nama produk yang kita kenal dengan nama siaran niaga atau iklan.

Kita akan diperkenalkan berbagai nama produk yang kita gunakan sehari hari  dari bumbu masak, alat rumah tangga hingga elektronika dan telepon seluler  biasanya produk yang menjadi pertama kali ada atau  pioneer akan mudah diingat. Sudah menjadi kebiasaan orang  seperti jika kita membeli minuman air mineral pasti kita akan menyebut suatu merek produk tertentu misalkan AQUA atau jika ibu rumah tangga akan mencuci pakaian maka dia akan membeli merek produk deterjen maka kita akan menyebut nama produk tertentu.

Jika kita akan membeli mie instan maka merek tertentu yang akan kita sebutkan  mengapa demikian karena pola pikir kita sudah terbiasa dengan produk tersebut dan pikiran kita sudah terekam atau dicuci ( brandwash) pada produk tertentu maka disinilah letak dari kekuatan merek

Kesadaran masyarakat kita  pada merek masih sangat rendah , kita baru menyadari pentingnya merek atau brand jika sudah dipergunakan atau diambil orang lain sebagai usaha bisnisnya yang sejenis dengan kita dan tentunya sangat merugikan kita apalagi merek atau brand tersebut sudah banyak dikenal masyarakat luas , mengapa demikian ……? Karena pada awal pemberian nama merek atau brand tersebut kita tidak mendaftarkannya dahulu sehingga kita tidak mempunyai kekuatan hukum atas hak penggunaan merek atau hak kekayaan intelektual produk atau jasa tersebut.

Lalu bagaimana melindungi atau menjaga merek atau brand yang telah kita bangun dengan susah payah tersebut agar tidak dicuri atau disalah gunakan pihak yang tidak bertanggung jawab walaupun kita meyakinkan sebagai orang pertama dari merek atau brand tersebut dan yang perlu kita ketahui menurut UU No.15 Tahun 2001 tentang peraturan merek bisnis  pada pasal 90 dikatakan ” barang siapa yang sengaja meniru sama persis sebuah merek dagang maka akan didenda sebesar Rp 1 milyar atau pidana 5 tahun oleh karena itu sebaiknya kita daftarkan dengan segera merek atau brand yang kita miliki  karena hukum yang berlaku menurut aturan HKI adalah siapa yang lebuh dahulu mendaftarkan merek yang berhak atas merek tersebut bukan kepada siapa yang pertama menggunakan

Bagaimana merek yang mempunyai kekuatan bagi bisnis kita terutama pada bisnis waralaba indonesia, kita sebaiknya merek tersebut mudah diucapkan , mudah diingat dan singkat yang terpenting dari itu merek atau brand tersebut sesuai dengan produk atau jasa yang kita jual mengapa demikian karena merek tersebut akan menuntun konsumen pada apa yang kita jual  mungkin saja  bisa kita berikan warna yang mencolok atau kata kata yang menarik agar menjadi daya tarik  orang untuk membeli produk atau jasa kita dan yang sangat penting merek tersebut menjadi image atau trend yang digemari oleh masyarakat  sebagai contoh pizza maka kita akan langsung teringat dengan franchise tertentu atau saat kita ingin membeli burger yang ada dipikiran kita adalah salah satu franchise tertentu atau  ketika akan makan siang dengan fried chicken maka kita langsung tertuju pada franchise tersebut .

Didalam bisnis waralaba Indonesia,  merek mempunyai peranan yang sangat besar karena. Sebelum orang lain membeli bisnis franchise yang kita tawarkan,  sudah pasti yang pertama dikenalnya adalah mereknya terlebih dahulu. Sebelum dia mengenal lebih jauh tentang bisnis yang kita tawarkan, tentunya disinilah peran besar merek memegang peranan bagi bisnis  kita , bahkan banyak usaha franchise lebih dikenal mereknya daripada siapa yang memiliki atau yang menjalankan usaha franchise tersebut. Namun terkadang banyak juga dari para pemegang merek yang tidak menjaga nama besar merek yang telah dibangunnya bertahun-tahun. Ini terjadi  bahkan ketika  orang sudah mengenalnya sebagai bisnis franchise yang telah memiliki banyak gerai atau cabang dan memenangkan berbagai award dan menjadi contoh untuk pengusaha franchise yang lain.

Mereka terjatuh hanya karena tidak bisa menjaga nama besar mereknya terutama dari bisnis BO atau Business Opportunity. Banyak dijumpai booth atau gerai yang tidak terawat bahkan ditempat sampah yang sangat menjatuhkan imagenya sebagai franchise atau BO sukses. Tentunya ini jangan sampai terjadi pada bisnis anda  dan jika anda ingin memiliki dan mendaftarkan merek yang akan menjadi nama usaha anda. Sangat disarankan untuk berdiskusi dengan  konsultan  yang memahami segala hal mengenai merek atau brand pada konsultan HKI agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan dan bisnis waralaba indonesia atau internasional yang kita bangun menjadi besar dan terkenal mereknya.

Salam Sukses Selalu

Taufik Hidayat