Cara Agar Usaha Franchise Tidak Mudah Ditiru

InovasiPerusahaan yang ingin dapat terus eksis dan “menang bersaing” tentunya perlu memikirkan jurus-jurus agar dapat terus berubah, karena perubahan mutlak dibutuhkan untuk mengikuti trend pasar yang juga ikut berubah. Dalam sebuah bisnis franchise, perubahan juga menjadi tuntutan bagi franchisor. Franchisor perlu memikirkan dengan serius inovasi yang perlu dilakukannya. Karena selain mengikuti tren pasar, franchisor juga perlu memastikan konsep dan keunikannya tetap terjaga. Hal unik yang saat ini dianggap sebagai sebuah keunikan, bisa jadi di masa yang akan datang, hal tersebut tidak lagi dianggap sebagai keunikan, karena sudah banyak orang yang dapat melakukan hal yang sama.

Dalam franchising seringkali ada ketakutan dari franchisor bahwa “rahasia” yang membuat bisnisnya memiliki keunikan dapat ditiru atau dicontoh oleh franchisee, lalu franchisee tersebut “berkhianat” dengan membuka usaha sejenis dengan merek yang berbeda memanfaatkan keunikan yang dipelajari dari franchisor terdahulu. Kekhawatiran ini wajar dialami oleh franchisor, namun sebaiknya tidak lantas menjadikan franchisor menjadi “pelit” support kepada franchise karena takut dikhianati franchisee-nya. Kekhawatiran akan dikhianati oleh franchisee ini akan membuat hubungan franchise tidak dapat berjalan maksimal, karena franchisor ketakutan memberikan dukungan penuh kepada franchisee dan franchisee pun tidak mendapatkan manfaat yang cukup dari franchisor. Kondisi ini tentu menjadi kontraproduktif bagi bisnis franchise yang sedang dijalankan.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh franchisor sebagai antisipasi atas kejadian ditiru lalu dikhianati oleh franchisee-nya adalah dengan menguatkan perjanjian franchise-nya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan perlindungan sistem dan HAKI wajib diperjanjikan dengan jelas secara tertulis. Selain perjanjian ada cara lain yang dapat dilakukan oleh franchisor agar selalu lebih unggul dari peniru-nya yaitu dengan inovasi yang dilakukan terus menerus.

Inovasi menurut seorang pakar yang bernama Gede Raka, diartikan sebagai tindakan memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambah atau menciptakan nilai-atau manfaat (sosial/ekonomi). Jadi pemikiran akan hal baru inilah yang dapat membuat sebuah perusahaan dapat selalu berubah menjadi lebih baik terus menerus, atau dengan kata lain menjadi selalu lebih unggul dari peniru-penirunya, termasuk dikhianati oleh franchisee yang “nakal”. Mari terus berinovasi!

Apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

Salam Franchise,

Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management ( IFBM )
Franchise Consultant Firm
Menara Kadin Indonesia 30 Floor
Jl.HR.Rasuna Said Blok X-5  Kav 2-3
Jakarta 12950
Phone: (+62-21)52994547
Fax     : (+62-21)52994599

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!