Diserbu Franchise Asing, Franchise Lokal Sudah Siap Berkompetisi?

soa-governance-standard-goes-globalHari-hari ke depan tantangan semakin berat. Bagi pengusaha franchise lokal, tantangan yang akan dihadapi juga akan semakin berat. Untuk pengusaha franchise lokal, tantangan untuk memenangkan persaingan menghadapi kompetitor sesama pengusaha dalam negeri belum cukup. Karena franchise asing juga mulai melirik untuk masuk pasar Indonesia. Berbagai potensi ekonomi yang dimiliki Indonesia merupakan faktor pemicu franchise asing beramai-ramai untuk ikut berbisnis di Indonesia.

Dengan ramainya franchise asing yang ingin masuk ke pasar Indonesia, pertanyaan yang muncul adalah sudah siapkah franchise lokal berkompetisi dengan franchise asing?

Karena apabila franchise lokal tidak siap bersaing, bukan tidak mungkin kita akan jadi penonton di negeri sendiri, sementara pusat-pusat perbelanjaan & pusat komersial akan dikuasai oleh brand-brand asing. Sedangkan brand lokal tetap hanya berada di level mikro dan kecil. Atau dengan kata lain, brand lokal semakin sulit untuk naik kelas menjadi kelas menengah dan besar.

Sebelum membahas kesiapan franchise lokal, kita mungkin perlu menganalisa sedikit persiapan franchise asing sebelum masuk ke pasar Indonesia. Apa saja persiapan franchise asing sebelum masuk ke Indonesia?

  • Kekuatan finansial

Franchise asing yang ingin membuka outlet di Indonesia tentu sudah memiliki kekuatan finansial yang cukup baik. Karena mereka menyebrang negara untuk dapat memperluas jaringan usahanya hingga di Indonesia. Bahkan beberapa merk sudah membuka jaringan bisnis di negara-negara tetangga Indonesia terlebih dahulu sebagai persiapan sebelum buka outlet di Indonesia. Perluasan jaringan usaha ini tentu butuh dukungan finansial yang cukup kuat. Pertanyaannya sekarang bagaimana franchise lokal mengantisipasi kondisi ini?

  • Kekuatan brand

Franchise asing yang ingin masuk ke Indonesia umumnya memiliki brand yang cukup dikenal, baik secara internasional atau minimal dikenal di negara asalnya. Sehingga ini bisa menjadi modal ketika mereka memperkenalkan produk atau jasanya ketika ingin membuka outlet di Indonesia. brand yang sudah dikenal ini menjadi modal awal ketika ingin melakukan ekspansi di Indonesia. Proses edukasi kepada market dalam negeri bisa dilakukan dengan cepat, terlebih franchise asing mungkin berpengalaman (mastery) untuk membangun brand dari belum dikenal hingga mendapat kepercayaan masyarakat.

  • Standard global

Franchise asing yang ingin masuk ke Indonesia umumnya memiliki keunggulan berupa standarisasi bisnis yang sudah mengacu pada standar global. Sementara itu, kita tahu bahwa standar global biasanya cenderung lebih tinggi ketimbang standar nasional yang kita miliki. Kebiasaan untuk memenuhi standar global ini, membuat franchise asing menjadi lebih mudah untuk memenuhi aturan-aturan teknis dalam negeri yang belum setara dengan standar global. Dilain sisi, standar global yang tinggi ini membuat bisnis franchise lokal perlu bekerja lebih keras untuk mencapai standar global ini. Standarisasi global ini bisa menyangkut kualitas produk, pelayanan, manajemen, pengelolaan administrasi, hingga sistem informasi.

Dari persiapan yang dimiliki franchise asing untuk masuk ke Indonesia yang digambarkan di atas, sebaiknya franchise lokal dapat membuat langkah antisipasi agar dapat “menang bersaing”. Dengan persiapan yang matang yang berorientasi pada keunggulan kompetitif usaha yang terus dikembangkan oleh franchisor lokal maka akan terbentuk franchise lokal yang tangguh dan siap bersaing dengan franchise asing. Jadi belum terlambat bagi franchise lokal untuk mempersiapkan diri agar berkompetisi dengan franchise asing.

 Selamat berkompetisi franchise Indonesia !!

Apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

Salam Franchise,

Wahdi Fakhrozy
THE FRANCHISE CONSULTANT
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
Member of World Franchise Associate (WFA)
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!