Franchise apa yang bagus saat ini?

Pertanyaan mengenai franchise apa yang bagus saat ini, tentunya merupakan pertanyaan umum yang muncul dipikiran calon pembeli waralaba. Pertanyaan ini juga muncul kembali di awal tahun 2014 seperti saat ini. Tahun 2014 ini merupakan tahun dimana kegiatan politik akan lebih dominan ketimbang kegiatan-kegiatan lainnya di Indonesia. Namun hal ini tidak lantas menghentikan kegiatan bisnis, termasuk industri waralaba.Geliat bisnis waralaba dapat terus berjalan seiringan dengan kegiatan politik. Lalu, bagaimana cara memilih franchise yang bagus, terutama bagi pemula yang ingin terjun di bisnis?

Ketika mulai berbisnis, tentunya banyak keterbatasan yang mungkin dihadapi. Keterbatasan ini bisa berupa keterbatasan pengalaman, keterbatasan informasi, keterbatasan network atau berbagai keterbatasan lainnya. Kondisi dengan berbagai keterbatasan yang ada ini, sebenarnya tidak menjadi permasalahan yang rumit ketika mulai berbisnis dengan cara membeli bisnis franchise. Karena membeli bisnis franchise, merupakan salah satu cara yang minim resiko.

Pada saat membeli franchise, pembeli franchise akan mendapatkan dukungan dari franchisor. Dukungan yang diberikan oleh franchisor umumnya berupa evaluasi lokasi, cara mengurus perizinan, cara merekrut karyawan, hingga cara operasional usaha tersebut. Training yang didapatkan dari franchisor juga sangat bermanfaat untuk menambah skill dan knowledge Bapak dalam berbisnis. Oleh karena itu, dukungan yang diberikan oleh franchisor ini akan sangat membantu dalam fase memulai bisnis sehingga dapat menghindari resiko diawal pembukaan usaha.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum membeli franchise, yaitu:

1. Evaluasi diri

Evaluasi diri yang dimaksud adalah menilai karakter dan potensi yang dimiliki. Ada baiknya menanyakan pada diri sendiri “apakah saya cocok menjadi franchisee?” Umumnya ciri-ciri franchisee yang sukses adalah: Tekun belajar, Bekerja keras, Luwes dalam bersosialisasi, Terampil dalam menjual, Tahan banting, dapat bersikap cooperative, memiliki modal yang cukup serta cermat mengelola keuangan.

Berdasarkan ciri umum franchisee yang sukses tersebut, dapat melakukan evaluasi kecocokkan karakter dan potensi diri yang dimiliki. Selain itu, komitmen kuat dalam menjalankan bisnis franchise juga menjadi salah satu kunci sukses.

Ciri Franchisee yang Sukses

2. Seleksi Bisnis yang ingin dibeli

Menyeleksi bisnis yang akan dibeli penting untuk mengenali perusahaan franchisor. Cara paling ideal untuk menyeleksi bisnis yang ingin dibeli adalah dengan mencocokkan minat dan potensi diri dengan bidang usaha dari bisnis yang akan dibeli. Jadi Ada baiknya menanyakan pada diri sendiri “apakah bisnis ini cocok untuk saya?” Ada beberapa ciri bisnis franchise yang bagus, yang dapat dijadikan acuan dalam menyeleksi bisnis franchise, diantaranya :  Bisnis tersebut Tidak menjual single product, tren bisnisnya cukup panjang, tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak, tidak membutuhkan keterampilan yang rumit, bekerja dengan sistem yang terbukti berhasil, produknya terkenal, marginnya tinggi dan memiliki prospek pasar yang berkembang.

Proses seleksi terhadap perusahaan franchise mungkin tidak dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Terkadang kita perlu memikirkan secara mendalam terlebih dahulu sebelum memutuskan. Jadi mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya bisa menjadi salah satu cara untuk membantu menyeleksi bisnis franchise.

Bisnis Franchise yang Ideal

  3. Investigasi perusahaan Franchise

Dari sekian banyak bisnis franchise yang akan diseleksi, ada baiknya mengerucutkan pilihan yang ada menjadi lebih spesifik pada bidang usaha tertentu sehingga pilihan yang ada tinggal menyisakan beberapa merek saja di bidang usaha tersebut. Lalu beberapa kandidat bisnis yang terpilih, sebaiknya diinvestigasi mendalam.

Investigasi yang dapat dilakukan diantaranya mengevaluasi peluang bisnis tersebut dalam jangka waktu 5 atau 10 tahun ke depan, bagaimana tren-nya, apakah semakin berkembang atau malah sudah ditinggalkan masyarakat. Sebaiknya cari bisnis yang masih berpotensi untuk berkembang dalam jangka panjang.

Investigasi lain yang juga dapat dilakukan adalah dengan mencari testimoni dari orang-orang yang pernah menjadi franchisee dari perusahaan franchise tersebut. Tanyakan pendapat orang-orang yang pernah menjadi franchisee tersebut pengalaman, serta suka duka selama menjadi franchisee. Dari testimoni orang yang pernah menjadi franchisee, akan memberikan second opinion untuk pengambilan keputusan.

Investigasi terpenting yang dapat dilakukan sebagai calon franchisee adalah  dengan menanyakan langsung kepada franchisor tersebut mengenai mereknya, program marketing support-nya, sistemnya, supplay-nya serta dukungan-dukungan lainnya yang diberikan franchisor. Sebaiknya pilih franchisor yang banyak memberikan dukungan kepada franchisee-nya. Pilihlah franchisor yang berorientasi pada kesuksesan franchisee.

 4. Mulai berbisnis

Setelah melewati tahap-tahap diatas, kita dapat mengambil keputusan bisnis mana yang bagus, dan cocok untuk dijalankan. Bersiaplah untuk mulai berbisnis.

 Umumnya calon pembeli franchise merasakan kebingungan terutama ketika menghadiri pameran franchise. Pameran franchise yang diikuti oleh puluhan bahkan ratusan merek tentu akan membuat kebingungan calon pembeli franchise. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terburu-buru mengambil keputusan. Pertimbangkan dengan matang, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas barulah memutuskan bisnis mana yang akan dibeli.

Sekali lagi, apabila ditanyakan bisnis franchise apa yang bagus, maka jawabannya kembali ke individu yang akan menjalankan bisnis tersebut. Membeli franchise bukan cara instan untuk mendapatkan untung, kerja keras dan komitmen dari franchisee menjadikan hal yang menentukan apakah bisnis franchise yang dibeli tersebut dapat sukses atau tidak. Jadi pastikan niat untuk membeli franchise itu didukung dengan semangat dan komitmen yang kuat dalam menjalankan bisnis nantinya. Selamat berbisnis !!

Apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

 

Salam Franchise,

 

Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management ( IFBM )
Franchise Consultant Firm
Menara kadin Indonesia 30 Floor
Jl.HR.Rasuna Said Blok X-5 Kav 2-3
Jakarta 12950
Phone: (+62-21)52994547
Fax     : (+62-21)52994599

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!