Franchise apa yg bagus tahun ini ?

Menjelang tahun baru lalu, selalu ada saja pertanyaan: “Franchise apa yang bagus untuk tahun depan?” Atau, bisnis apa yang bagus?

Sebenarnya dua pertanyaan itu sangat berbeda. Jika pertanyaannya ”Bisnis” apa yang bagus, maka topiknya mengenai industrinya, atau penjualan (turnover) dari usahanya.
Tetapi kalau pertanyaannya; ”Franchise” apa yg bagus? Saya kira seharusnya dijawab dengan kualitas pengelolaan franchise dan perkembangan bisnisnya.

Dari pengamatan saya, bila ekonomi lagi agak seret, maka industri jasa lebih tinggi pertumbuhannya. Salah satu sebabnya, karena umumnya investasinya lebih kecil. Jasa seperti brokerage, MLM, konsultasi lebih cepat berkembang.

Kalau ditanya Franchise apa yang bagus, saya sarankan untuk tanya ke Franchisornya; bagaimana perkembangan jumlah outlet franchiseenya? (Berapa yang tambah dan berapa yang tutup). Boleh dilihat juga, apakah Franchisornya punya tim yang support franchisee, dan ada fasilitas serta program trainingnya.
Apalagi jika kita berkesempatan mendapatkan informasi dari para franchisee nya yang sudah menjalankan bisnisnya.
Dari informasi tersebut diatas, saya kira selanjutnya kita bisa menganalisa kualitas bisnis franchise yang kita minati.

Buat teman teman franchisor yang sudah menjalankan bisnis Franchise nya, apakah tahun ini bisa declare sebagai Franchise yang bagus? Saya harap begitu dan semakin sukses..

Selamat Tahun Baru 2019.. !

Salam,

Burang Riyadi .MBA

30974-moc_cover_biru_depo-isi-ulang

Video