Franchise yang Aman Untuk Pemula

Tanya :

Franchise apakah yang aman yang dapat kita pilih sebagai pemula dalam hal bisnis ?

Jawab:
Bila anda bertanya apakah sistem franchise itu aman? Jawabnya relatif ya tapi bergantung peran anda dalam mengikuti anjuran dari Franchisor. Apakah bisnis anda aman bila mengikuti saran dan anjuran dari Franchisor? Jawabnya adalah relatif ya tapi bergantung kerja keras anda dalam menjalankan bisnis tersebut. Apakah bisnis anda aman bila anda bekerja keras? Jawabnya relatif ya tapi tetap bergantung pada daya tahan anda.

Pada dasarnya semua bisnis mempunyai resiko, bahkan deposito yang saat ini dianggap paling amanpun mempunyai resiko. Mungkin anda pernah merasakannya pada waktu krisis moneter pada tahun 1998 yang lalu.

Franchise hanyalah sebuah sistem, atau tepatnya hanyalah sebuah bentuk dari sebuah sistem pemasaran. Sebuah bisnis menjalankan sistem franchise adalah disebabkan keinginan untuk ekspansi bisnisnya secara cepat dengan pembatasan atas modal. Hanya dampak dari sistem franchise ini sangat luar biasa terhadap branding dan ekspansi dari bisnis tersebut.

Dalam sistem franchise, duplikasi dari bisnis tersebut adalah mengenai tata cara membuat sebuah bisnis menjadi sukses bila dijalankan oleh orang lain dengan cara mengikuti saran akan pengalaman dari Franchisor yang telah sukses dalam bisnis tersebut. Setidak-tidaknya Franchisor adalah seorang/ sebuah badan yang telah mastery atas bisnis tersebut. Dia tahu cara menghadapi masalah-masalah yang timbul dan atau akan timbul pada bisnis tersebut. Mungkin dia sudah mengalami pasang surut atau bahkan bangkrut dalam bisnis tersebut, tetapi dia tetap berusaha memecahkan masalah tersebut sehingga sukses kembali. Kesuksesan inilah yang kemudian dijadikan sebuah sistem dalam bentuk bisnis model untuk diduplikasi.

Saat ini banyak bisnis yang menyatakan dirinya menjalankan sistem franchise (menjadi Franchisor), tetapi pada dasarnya mereka tidak mengerti atau tidak menjalankan apa yang seharusnya dijalankan dalam sistem franchise. Bila anda ingin tahu apa syarat untuk menjadi Franchisoryang baik, anda dapat mengunduh syarat tersebut pada website Kementrian Perdagangan, yaitu Peraturan Pemerintah No.42 tahun 2007 tetang Waralaba (PP No.42 tentang Waralaba) serta Peraturan Menteri Perdagangan No.31 tahun 2008 tetang Waralaba (PerMenDag No.31 tahun 2008  tentang Waralaba).

Jadi bisnis apa yang aman? Menurut saya, jawabannya adalah bisnis yang anda minati dari hati anda (passion). Kenapa demikian, karena bisnis yang anda jalankan dengan hati, apapun yang dikatakan orang sebagai masalah dan atau kegagalan, maka dihadapan anda akan terlihat bukan sebagai suatu masalah, tapi sebagai sebuah tantangan.

Contoh klasik adalah pernyataan Thomas Alva Edison dalam eksperimennya, yaitu bahwa dalam ketidak berhasilannya dia menyatakan bahwa dia tidak gagal, tapi hanya telah menemukan 10.000 cara yang membuat eksperimennya tidak berjalan sesuai harapannya. Artinya, dia mengetahui 10.000 cara lebih banyak dari orang lain yang membuat sesuatu tidak akan berjalan secara sukses.

Jadi sekali lagi, bisnis franchise apa yang aman? Jawabnya adalah bisnis franchise (atau bisnis apapun juga) yang anda jalankan dengan hati anda, atau sesuai dengan minat anda.

Salam,

Royandi Yunus
 
International Franchise Business Management ( IFBM )
Menara Kadin Indonesia 30 Floor
Jl. HR.Rasuna Said Blok X-5 Kav 2-3
Jakarta 12950
Telp.(+61-21) 52994547  Fax (+62-21)52994599
 

1 Comment

  1. Najib

    Pak Royandi,
    Saya saat ini bekerja di perusahaan asing di luar negeri. Saat ini usia saya sudah hampir 60 tahun, masih sehat dan semangat. Kalau mau saya masih bisa bekerja sampai lebih dari 65 tahun.

    Namun saya sudah sangat ingin pulang kampung dekat dengan keluarga dan mengembangkan usaha dengan modal yang selama ini sudah saya kumpulkan.

    Saya ingin memilih beberapa waralaba yang sudah terbukti bagus untuk menjadi sumber income yang akan datang. mohon penjelasan, apakan saya bisa mendapatkan layanan konsultasi secara profesional dari bapak?
    Terima kasih
    M. Najib

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!