Inovasi = Kunci Usaha Franchise Tetap Unggul

imagesPada artikel lalu yang berjudul “Cara Agar Usaha Franchise Tidak Mudah Ditiru” telah dijelaskan bahwa salah satu cara agar usaha franchise tidak mudah ditiru oleh kompetitor atau bahkan dikhianati oleh franchisee sendiri adalah dengan berinovasi. Inovasi yang dimaksud disini adalah proses yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk memikirkan, merancang hingga membuat sesuatu yang baru baik itu dari sisi produk, pelayanan hingga sistem agar dapat menambah nilai atau manfaat dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh model bisnis franchise.

Ada beberapa alasan sebuah perusahaan perlu memikirkan untuk berubah, yaitu:

  • Berubah bukan karena yang lama ‘buruk’ atau’salah’ tetapi yang lama sudah tidak relevan, tidak kontekstual
  • Berubah supaya tidak menjadi korban perubahan
  • Berubah untuk ‘memegang kendali ‘ dalam proses perubahan
  • Kalau perubahan di luar lebih cepat dari perubahan dalam perusahaan, perusahaan berada dalam bahaya.
  • Berubah karena ada aspirasi baru

Dari alasan-alasan yang disebutkan di atas terlihat bahwa berubah merupakan hal wajib yang dilakukan perusahaan agar dapat terus eksis dan memenangkan persaingan dengan kompetitor. Dalam franchising, pengembangan terhadap model bisnis merupakan kunci bagi franchisor agar dapat selalu unggul. Karena ketika sebuah usaha pertama kali menjual paket franchise-nya, maka saat itu jugalah perusahaan tersebut menciptakan kompetitor bagi dirinya. Kompetitor ini bisa berasal dari franchisee-nya sendiri yang kurang puas terhadap hubungan dengan franchisor lalu membuka usaha sejenis dengan brand  yang berbeda, atau dari kompetitor yang memang telah ada sebelumnya yang ikut menjual paket franchise juga. Jadi tidak ada pilihan lain, selain berinovasi dan selalu mengembangkan model bisnis agar selalu 10 langkah di depan kompetitor.

Apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

Salam Franchise,

Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
 
International Franchise Business Management ( IFBM )
Menara Kadin Indonesia 30 Floor
Jl.HR.Rasuna Said Blok X-5 ,Kav 2-3
Jakarta 12950-Indonesia
Tlp (+62-21) 52994547 , (+62-21) 93734500
Email: wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!