Usaha Franchise – Kiat Memilih Franchise

Pertanyaan :

Pak Roy, makin banyak franchisor serta industri usaha franchise yang akhir-akhir ini dilirik dan diperhatikan masyarakat awam maupun usahawan-usahawan untuk ditekuni. Usaha dengan sistem franchise diyakini dapat melipatgandakan keuntungan usaha yang sebelumnya dijalankan dengan cara konvensional. Bagaimana cara kita memilih usaha franchise yang tepat untuk kita ikut jalankan?

Terima Kasih
Eka, Jakarta

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaan bapak Eka di Jakarta  banyak yang bertanya usaha franchise apa sih Pak yang bagus? Kita balik lagi tanya minatnya apa? Jika minatnya di bidang jasa lalu ia pegang retail maka ia akan sakit kepala. Demikian juga sebaliknya. Contohnya ada orang yang ingin usaha franchise lalu saya tanya backgroundnya apa. Dia bilang farmasi. Lalu setelah kita tawari pilihan yang sesuai dengan backgroundnya ia malah menolak. Saya kira biasanya latar belakang pengalaman kerja dengan minatnya akan sama tetapi malah berbeda. Lalu saya beri pilihan mau tidak membuka bisnis yang memang memberikan kegembiraan bagi orang lain. Akhirnya ia malah setuju. Lalu saya anjurkan untuk bidang travel ternyata cocok dengan keinginannya.

Jika seseorang telah memiliki minat di bidang tersebut, maka ia akan benar-benar menjalankan bisnisnya tersebut. Sehingga jika ketemu dengan masalah ia tidak akan menggerutu, tapi memandangnya sebagai tantangan yang harus dihadapi. Lalu nantinya kita akan dihadapkan pada pilihan dari minat kita tersebut ternyata ada banyak pilihan franchise yang bisa diambil. Saya lebih menyarankan lihat organisasinya seperti apa, artinya ada yang namanya monitoring, marketing. Jika yang mengerjakan semuanya itu hanya satu orang saja pasti tidak akan fokus untuk mengurus bisnisnya tersebut.

Selanjutnya yang harus ditanya itu supportnya apa saja. Mulai dari training, marketing, hingga branding. Usaha Franchise itukan basicnya adalah duplikasi bisnis. Apa yang diduplikasi? Experience atau sukses berbisnisnyalah yang kita ingin duplikasi. Tidak hanya sekedar bisnisnya. Jadi saat akan memilih usaha franchise bukan hanya memperhatikan produknya saja yang ditawarkan tapi juga problemnya apa saja yang ada dan bagaimana cara mengatasinya. Tidak hanya mengetahui bagaimana caranya menjual bisnis. Contohnya jika kita sebagai calon franchisee, yang harus kita tanyakan adalah bukan seputar produknya saja, tapi juga mulai dari program marketingnya apa, program brandingnya, serta bantuan apa yang kita dapatkan. Artinya kita membicarakan bisnis bukan hanya produk.

Salam,

Foto Pak Roy

Ir.Royandi Yunus,MBA

Menara Kadin Indonesia 30 Fl

Jl.HR.Rasuna Said Blok X-5 Kav 2-3

Jakarta

 

1 Comment

  1. Najib

    Yth Pak Royandi,
    Saya bekerja di luar negeri ingin pulang menjadi franchisee. Saya ingin mendapatkan jasa konsultan franchise untuk memilih franchise yang cocok buat saya, lokasi dll.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!