Memasarkan Bisnis Franchise

Dalam melakukan persiapan untuk memfranchisekan sebuah bisnis, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah Mempersiapkan Standard Business Model yang sudah dikaji akan menguntungkan. Kembali modalnya cepat dan menang bersaing dengan kompetitornya.

Setelah Standard Business Model tersebut tersedia, maka langkah selanjutnya adalah melakukan strategi dan standar proses untuk memasarkan/menawarkan Bisnis Franchise nya.

Saya ulangi lagi bahwa sebelum menawarkan bisnis franchise, sebaiknya sudah ditetapkan Standard Business Model nya dan kriteria Lokasi yang tepat untuk bisnis tersebut dibuka.

Mempromosikan penawaran bisnis franchise umumnya dilakukan melalui 4 media secara terintegrasi:

  1. Melalui iklan media cetak (yang ditayangkan pada media cetak yang dibaca oleh target market/calon franchisee yang dinilai cocok). Termasuk juga jika membuat brosur penawaran franchise, perlu disesuaikan desain dan sales text nya dengan target market/calon franchisee yang dinilai cocok.
  2. Mempromosikan melalui Event Pameran . Bisa dilakukan dengan mengikuti pameran franchise, atau pameran peluang bisnis, atau melakukan exhibisi sendiri dengan membuka stand penawaran peluang bisnis/franchise ditempat-tempat umum yang dianggap strategis untuk mendapatkan calon franchisee.
  3. Melakukan Seminar Peluang Bisnis mempresentasikan penawaran bisnis franchise. Untuk melakukan kegiatan seminar ini perlu mengundang audience yang sesuai dengan target market/calon franchisee. Sebaiknya dipersiapkan tempat presentasi yang menarik untuk calon franchisee datang dan mendengarkan acara seminar dimaksud. Perlu juga dipersiapkan Materi Presentasinya yang menarik dan tidak membosankan.
  4. Media yang keempat adalah menawarkan peluang bisnis franchise melalui internet/social media. Bisa melakukan iklan berbayar di Google ads dan social media lainnya. Perlu juga membuat page khusus untuk informasi dan penawaran franchise di website perusahaan.

Melakukan penawaran franchise yang paling efektif adalah dengan melakukan presentasi Seminar Peluang Bisnis. Dengan presentasi tersebut Franchisor bisa menjelaskan dan mempromosikan bisnis franchisenya dengan waktu yang cukup panjang dan ekspresif. Penyampaiannya juga bisa dilakukan dengan sistematik. Audiencenya juga mendengarkan dengan terfokus.

Kiat melakukan presentasi Peluang Bisnis Franchise ini, bisa saya uraikan sebagai berikut:

  1. Persiapkan materi presentasi untuk jangka waktu lebih kurang 45 menit saja.
  2. Siapkan materi ice-breaking yang dapat mencairkan suasana yang tegang dan kaku. Bisa ditampilkan disaat awal, berupa video, cerita pendek, souvenir/contoh2 produk, games pendek, dlsb.
  3. Buatlah materi dan presentasi yang memberikan kesan bahwa Franchisor sangat ahli diindustrinya, atau Franchisor sangat rapi organisasi dan supportnya kepada outlet.
  4. Presentasikan keunggulan konsep bisnisnya, kemudahan berbisnisnya, dan dukungan (support) dari Franchisornya yang terkelola dengan baik.
  5. Bila Franchisor mengharapkan Franchisee nya adalah owner-operator (bukan investor), maka tidak perlu mempresentasikan angka-angka proyeksi bisnis, keuntungan dan BEP nya.
  6. Akan lebih efektif lagi jika dilakukan touring diorganisasi franchisor untuk memperlihatkan kesiapan dan rapinya pengelolaan bisnis franchisor dalam mensupport para franchiseenya. Atau paling tidak memperkenalkan tim-franchisor kepada audience.
  7. Sebaiknya tidak dilakukan tanya jawab terbuka, tetapi lakukan sessi Q&A diforum dengan kelompok kecil.

Berikut ini adalah sebuah contoh Outline dari Materi Presentasi Penawaran Franchise :

  1. Cover Depan: Berikan Judul/tema Presentasi Penawaran Franchise yang menarik. Misalnya: Langkah Menjadi Pengusaha Kelas Dunia
  2. Sampaikan penjelasan bisnis dan historical background secara singkat saja. (Asumsikan mereka telah mengetahui usaha ini dari media yang lain).
  3. Tampilkan Filosofi, Visi dan Misi perusahaan Franchisor.
  4. Sampaikan Konsep Bisnis nya yang unggul-menang bersaing. Konsep yang membuat potensi salesnya lebih tinggi dari pesaingnya. Dan konsep yang menunjukan potensi keuntungannya lebih tinggi dari bisnis sejenis. Tampilkan penghargaan yang pernah diditerima. Atau prestasi-prestasinya. Atau paling tidak liputan-liputan media yang pernah didapat.
  5. Sampaikan bentuk organisasi Franchisor dan program-program dukungan/support yang akan dilakukan untuk Franchisee. Misalnya: Program pelatihan yang berkelanjutan, Sistem IT, Program Pemasaran, Pendampingan (pemilihan lokasi, renovasi outlet, pembelian peralatan, merekrut pegawai, pembukaan outlet, dll), Program konsultasi bisnis.
  6. Sampaikan: apa yang diharapkan dari mitra franchisee dan komitmennya
  7. Penawaran Franchise: Sampaikan model bisnisnya apa saja. Kisaran biaya investasi yang perlu disiapkan. Harga Franchise fee dan Royalty fee nya, serta jangka waktu perjanjian franchise nya.
  8. Mengapa jika menjadi franchisee ini adalah peluang yang harus diambil.
  9. Sampaikan langkah-langkah dan proses untuk menjadi Franchisee
  10.  Power Closing: berikan motivasi agar audience segera melakukan action dan mengisi form Aplikasi Franchise.

Salam Franchise,

Burang Riyadi, MBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

+