Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (1)

Sebelum menjual franchise, tentunya membutuhkan persiapan-persiapan yang perlu dilakukan. Persiapan-persiapan inilah yang nantinya akan membuat bisnis franchise dapat “menang bersaing” dan bertahan lama. Menang bersaing yang dimaksud di sini adalah memiliki diffrensiasi dengan kompetitor. Ada 3 hal utama yang biasa menandai sebuah konsep bisnis dapat “menang bersaing” yaitu, konsepnya berbeda dari kompetitor, tidak mudah ditiru dan memberikan nilai tambah bagi penjualan. Namun konsep yang “menang bersaing” ini belum cukup, karena perlu inovasi secara terus menerus agar dapat tetap bertahan melawan kompetitor, mengingat bisnis franchise bukan bisnis yang pendek. Franchisor bekerjasama dengan franchisee dalam jangka waktu yang panjang. Jadi secara sederhana, konsep yang “menang bersaing” tadi perlu ditunjang dengan inovasi yang dilakukan berkesinambungan.

Langkah-langkah mempersiapkan bisnis franchise yang perlu dilakukan diantaranya:

 Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (1)

Mempersiapkan perizinan

Persiapan perizinan yang dimaksud disini adalah seluruh izin-izin yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis franchise. Izin-izin ini perlu dimiliki dan dipahami oleh franchisor mekanisme pengurusannya. Karena salah satu support yang diberikan oleh franchisor kepada franchisee dalam memulai usaha adalah dengan dibantu mengurus perizinan. Jadi sangat logis apabila franchisor mengurus proses perizinan miliknya sendiri terlebih dahulu (untuk owned outlet) lalu kemudian membantu franchisee mengurus izin nantinya. Umumnya ada 4 kelompok besar terkait perizinan, yaitu :

  • Izin HAKI

Izin HAKI perlu dimiliki oleh franchisor mengingat salah satu unsur yang diberikan dalam bisnis franchise oleh franchisor kepada franchisee-nya adalah kekayaan intelektual. Maka segala sesuatu perizinan yang berkaitan dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual perlu dimiliki oleh franchisor. ada 7 unsur yang termasuk dalam kekayaan intelektual, yaitu : Merek, Hak Cipta, Paten, Rahasia Dagang, Desain Industri, Desain Sirkuit Terpadu dan Varietas Tanaman Unggul.

  • Izin Domisili

Yang dimaksud dengan izin domisili di sini adalah seluruh izin yang berkaitan dengan keberadaan outlet di lokasi tertentu. Berikut beberapa contoh izin yang berkaitan dengan domisili lokasi usaha: SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SITU (Surat Izin Tempat Usaha), Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), dsb. Bahkan apabila lokasi outlet tersebut menyewa, mungkin franchisor perlu membantu mempersiapkan draft perjanjian sewa tempat untuk digunakan oleh franchisee-nya.

  • Izin teknis

Yang dimaksud dengan izin teknis di sini adalah segala sesuatu perizinan yang berkaitan dengan teknis usaha yang akan dijalankan, sehingga izin teknis ini bergantung dengan bidang usaha yang dijalankan. Misalnya untuk bidang restoran, mungkin butuh sertifikat Halal dari MUI, atau butuh perizinan dari Dinas Pariwisata. Atau untuk bisnis pendidikan butuh izin dari dinas pendidikan.

  • Izin Waralaba

Yang dimaksud dengan izin waralaba di sini adalah perizinan yang dibutuhkan untuk membuktikan suatu usaha merupakan usaha waralaba. Dalam peraturan pemerintah No. 42 Tahun 2007 disebutkan bahwa sebuah perusahaan waralaba wajib memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba)

Proses perizinan yang perlu dilakukan di atas sangat memungkinkan untuk menimbulkan biaya. Biaya-biaya yang dikeluarkan ini dapat dihitung sebagai investasi. Jadi untuk membangun sebuah bisnis franchise sama artinya membutuhkan investasi.

Ada 5 persiapan lainnya yang perlu dilakukan perusahaan franchise. Artikel berikutnya tanggal 25 Juni 2013 akan membahas persiapan organisasi franchisor. Silahkan ikuti terus tips langkah-langkah persiapan membangun usaha franchise pada web ini.

Atau apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

 

Salam Franchise,
 
 
 
Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!