Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (2)

Pada artikel Membangun Bisnis Franchise = Investasi (1), telah dibahas persiapan franchise dari sisi perizinan. Persiapan berikutnya yang perlu dilakukan dalam membangun bisnis franchise agar dapat menang bersaing adalah persiapan organisasi franchisor. Persiapan organisasi franchisor disini berkaitan dengan fungsi-fungsi organisasi, tugas, tanggung jawab, personil yang terlibat hingga ukuran kinerja.

Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (2)

Sebelum menjadi perusahaan franchise, tentunya tidak ada fungsi-fungsi di organisasi asal yang bertugas untuk melakukan rekrutmen atau melakukan operasional support terhadap cabang-cabang sendiri. Tetapi apabila menjadi perusahaan franchise, mau tidak mau akan butuh fungsi-fungsi baru dalam organisasi. Fungsi-fungsi baru ini bertugas untuk membantu franchisee dimulai pada saat franchisee akan bergabung hingga saat franchisee tersebut telah bergabung.

 Berikut gambaran fungsi-fungsi organisasi yang perlu ada pada organisasi franchisor :

 Organisasi Franchisor

Berdasarkan tabel fungsi organisasi di atas, maka persiapan organisasi franchisor yang perlu dilakukan diantaranya adalah menyiapkan fungsi rekrutmen yang bertugas mencari franchisee, lalu fungsi outlet setup yang bertugas membantu franchisee melakukan renovasi, pengadaan perlengksapan di outlet baru, mengurus perizinan outlet franchisee dsb. Lalu franchisor juga perlu mempersiapkan fungsi training yang bertugas melatih franchisee dan karyawannya dalam menjalankan usaha, lalu setelah franchisee membuka usahanya, franchisor masih membutuhkan fungsi operational support yang bertugas untuk membantu penanganan masalah yang terjadi di outlet franchisee ketika sudah beroperasi. Fungsi monitoring juga perlu untuk memastikan outlet franchisee berjalan sesuai dengan panduan yang diberikan oleh franchisor.

Fungsi-fungsi organisasi ini tentunya membutuhkan personil yang menjalannya. Sehingga franchisor perlu berinvestasi tenaga kerja untuk menjalankan fungsi-fungsi tersebut.

Ada 4 persiapan lainnya yang perlu dilakukan perusahaan franchise yang juga membutuhkan investasi baru. Artikel berikutnya tanggal 1 Juli 2013 akan membahas persiapan program training. Silahkan ikuti terus tips langkah-langkah persiapan membangun usaha franchise pada web ini.

Atau apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

Salam Franchise,
 
 
Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!