Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (3)

Pada artikel Membangun Bisnis Franchise = Investasi (1) dan artikel Membangun Bisnis Franchise = Investasi (2) sebelumnya, telah dibahas persiapan franchise dari sisi perizinan dan persiapan organisasi franchise. Pada artikel ini akan membahas persiapan selanjutnya dalam membangun bisnis franchise. Persiapan yang dibahas pada artikel ini adalah persiapan program training.

Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (3)

Training dalam franchise merupakan salah satu kunci sukses. Berbagai macam sistem, konsep, inovasi yang dilakukan oleh franchisor tidak akan berjalan apabila berbeda standarisasinya antara satu outlet dengan outlet lainnya. Oleh karena itu, training yang dilakukan secara rutin dan berkala dapat membantu franchisee dan karyawannya untuk mengikuti arahan franchisor. Dengan demikian franchisor perlu memiliki program, metode, kurikulum, bahkan mungkin buku pelajaran khusus training franchisee ini.

Training yang diberikan kepada franchisee tidak cukup hanya sekali diawal pada saat franchisee baru bergabung, tetapi harus dilakukan secara berkesinambungan. Oleh karena itu, setidaknya ada 5 jenis training yang sebaiknya diberikan kepada franchise. Kelima macam training ini pernah dibahas sebelumnya pada artikel Training Franchise : Pentingnya Mempersiapkan Training Bagi Franchisee”.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa training memegang peranan penting dalam franchising. Training menjadi sarana franchisor melakukan transfer knowledge  kepada franchisee-nya. Tujuannya hanya satu, agar franchisee-nya bisa mengikuti cara-cara sukses yang pernah dilakukan oleh franchisor. Oleh karena itu, program training perlu dilakukan rutin dan berkala, metode training perlu dilakukan pembaharuan secara berkala, pemateri training perlu disiapkan kualitasnya bahkan bila membutuhkan tempat khusus untuk training dan bersimulasi mungkin perlu membangun tempat khusus training.

Segala sesuatu yang mendukung program training ini sangat memungkinkan untuk menimbulkan biaya atau investasi baru bagi franchisor. Investasi baru yang dibutuhkan oleh franchisor misalnya untuk membangun ruang training, perlengkapan training hingga modul training. Jadi sampai sini, dapat dipahami bahwa dalam membangun bisnis franchise membutuhkan investasi.

Ada 3 persiapan lainnya yang perlu dilakukan perusahaan franchise. Artikel berikutnya tanggal 8 Juni 2013 akan membahas persiapan program supporting. Silahkan ikuti terus tips langkah-langkah persiapan membangun usaha franchise pada web ini.

Atau apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

 
Salam Franchise,
 
 
Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!