Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (4)

Melanjutkan artikel sebelumnya, persiapan selanjutnya yang perlu dilakukan untuk membangun bisnis franchise adalah persiapan program supporting. Franchisor perlu memiliki program untuk membantu franchisee-nya dalam menjalankan bisnis. Bantuan yang diberikan franchisor kepada franchisee mulai dari hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran, operasional, keuangan, administrasi, kepegawaiaan dan lain sebagainya.

Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (4)Franchisor memberikan supporting bertujuan agar franchisee-nya dapat lebih sukses lagi. Program support yang diberikan diantaranya yang berkaitan dengan operasional outlet franchisee. Permasalahan operasional yang pernah terjadi berdasarkan pengalaman franchisor dibagikan kepada franchisee terutama solusi-solusinya agar franchisee bisa lebih waspada dan menghindari kejadian serupa. Program supporting ini juga memungkinkan untuk timbul biaya, misalnya untuk pembentukan tim supporting, pembuatan sistem, manual atau tools lainnya yang membantu franchisee.

Program support yang dimiliki oleh franchisor dapat disusun  sebagai catatan rangkuman troubleshooting terhadap permasalahan yang pernah terjadi beserta solusinya. Selain itu, penyediaan saluran komunikasi langsung untuk konsultasi bagi franchisee juga dapat menjadi salah satu bentuk supporting pada franchise. Jadi setiap ada permasalahan yang terjadi pada outlet franchisee, maka franchise dapat langsung berkonsultasi.

Segala sesuatu yang mendukung program supporting ini sangat memungkinkan untuk menimbulkan biaya atau investasi baru bagi franchisor. Oleh karena itu, franchisor harus siap berinvestasi untuk memberikan dukungan penuh kepada franchisee-nya agar lebih sukses lagi. Kesuksesan yang diraih oleh franchisee akan berdampak jauh lebih besar bagi franchisor.

Ada 2 persiapan lainnya yang perlu dilakukan perusahaan franchise, yaitu persiapan program marketing dan program riset. Artikel berikutnya tanggal 15 Juli 2013 akan membahas persiapan program marketing. Silahkan ikuti terus tips langkah-langkah persiapan membangun usaha franchise pada web ini.

Atau apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

Salam Franchise,
 
 
Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!