Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (5)

Pada artikel sebelumnya telah dibahas persiapan perizinan, persiapan organisasi franchisor, persiapan program training, hingga persiapan program supporting. Selanjutnya persiapan yang juga perlu dilakukan oleh franchisor adalah persiapan program marketing.

 Membangun Bisnis Franchise = Investasi Lagi! (5)

Program marketing ini penting untuk dibuat sistematis dan terencana lengkap. Ada baiknya mempersiapkan rencana marketing selama 1 tahun ke depan, agar pola marketing yang dijalankan dapat disesuaikan dengan tren bisnis. Pada saat tren bisnis naik, strategi marketing seperti apa yang dijalankan. lalu sebaliknya saat tren bisnis sedang turun, maka strategi marketing seperti apa yang akan dilakukan.

Dalam franchising program marketing yang perlu dilakukan ada 2 jenis, yaitu yang bersifat local dan national campaign. Perbedaan mendasar dari kedua jenis program marketing ini adalah skala atau cakupan dari setiap kegiatan marketing tersebut. Untuk program local campaign sifatnya hanya disekitar outlet franchisee berada. Sedangkan untuk program national campaign cakupannya lebih luas hingga nasional atau bahkan internasional.

brandingSelain itu cakupan kegiatan, perbedaan program local campaign dan national campaign adalah pembagian tugas terhadap pelaksana program ini. Program yang bersifat lokal akan dilakukan oleh franchisee, sedangkan program marketing yang bersifat nasional akan dilakukan oleh franchisor. Program yang bersifat nasional misalnya berupa kerja sama kartu kredit, beriklan di media nasional, melakukan co-branding dsb. Sedangkan program yang bersifat lokal misalnya berupa pemasangan umbul-umbul, pembagian brosur, pemasangan iklan di media kawasan dsb.

Kegiatan yang berkaitan dengan marketing ini sangat dimungkinkan untuk timbul biaya. Biaya yang timbul mungkin bukan dihitung sebagai investasi, tetapi bisa dihitung sebagai biaya marketing yang juga dapat dibagi pembebanannya bersama para franchisee. Namun kalau seandainya franchisor memikirkan akan berinvestasi dengan melakukan branding pada kendaraan operasional, maka pemasangan cutting stiker pada kendaraan tersebut dapat dikategorikan sebagai investasi disisi marketing. Apapun program marketing yang dilakukan sebaiknya berorientasi pada kesuksesan franchisee.

Ada 1 persiapan terakhir yang perlu dilakukan perusahaan franchise. Artikel berikutnya tanggal 22 Juli 2013 akan membahas persiapan program riset dan pengembangan. Silahkan ikuti terus tips langkah-langkah persiapan membangun usaha franchise pada web ini.

Atau apabila ingin berdiskusi lebih banyak mengenai bisnis franchise dan tahapan memfranchisekan bisnis silahkan email ke wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com

 

Salam Franchise,
 
 
Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management ( IFBM )
Franchise Consultant Firm
Gandaria 8 Office Tower
8/Fl  Jl.Sultan Iskandar Muda
Jakarta 12240
Phone: 021-29851612
Fax     : 021-29851601

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!