Membangun Bisnis Franchise Ritel Sukses seperti Alfamart dan Indomaret

Brand seperti Alfamart dan Indomaret merupakan brand besar di industri ritel di Indonesia saat ini. Namun untuk mencapai kesuksesan itu  bukanlah pekerjaan mudah, tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Pada dasarnya ada 3 persiapan besar perlu dilakukan untuk menjadi perusahaan franchise yang sukses seperti Alfamart dan Indomaret, yaitu:

Kunci Sukses Franchise

Konsep bisnis, yang kuat dengan berusaha membangun toko ritel sedekat mungkin dengan pemukiman masyarakat merupakan salah satu kunci sebagai pelaku dalam industri ritel. Selain itu konsep memodernisasi bentuk toko ritel yang dibuat dengan fasilitas yang nyaman membuat Alfamart dan Indomaret mampu unggul.

Sistem,  yang dibangun solid terutama dalam hal pengelolaan barang merupakan kunci penting dalam industri ritel. Sistem penanganan dan pengawasan terhadap barang dapat meminimalisir shrinkage (kehilangan/kerusakan barang). Dalam industri ritel barang yang hilang atau rusak akibat kesalahan handling merupakan faktor yang krusial, mengingat margin dalam industri ritel tidak terlalu besar. Oleh karena itu, sistem yang baik dalam penanganan dan pengelolaan barang mulai dari gudang distribusi sampai ke dalam toko merupakan kunci sukses berikutnya.

People, yang menjalankan konsep dan sistem dengan baik menjadi kunci terakhir untuk membangun Franchise yang sukses. Tim franchise yang bekerja profesional dan dapat diandalkan merupakan bagian penting lainnya untuk membangun bisnis franchise yang sukses. Orang-orang handal yang tergabung dalam tim franchise menjadi penentu berjalan atau tidaknya konsep dan sistem yang baik yang telah dirancang.

Oleh karena itu, untuk mencapai level kesuksesan seperti Alfamart dan Indomaret sebagai toko ritel, maka konsep, sistem dan people menjadi 3 hal kunci yang perlu dipersiapkan. Konsep bisnis yang simple dilengkapi dengan sistem yang memiliki standar global serta dijalankan oleh personil yang profesional, maka perusahaan franchise yang dibangun akan menjadi sebuah global franchise company.

Global Franchise Company

Jadi segeralah membangun konsep, sistem dan SDM yang baik apabila ingin memiliki perusahaan Franchise yang berstandar global bahkan bisa menyebrang ke luar negara seperti merek-merek KFC, Pizza Hut, Seven Eleven dan lain-lain.

Apabila ada hal-hal yang ingin Anda diskusikan mengenai tahapan membangun bisnis franchise jangan ragu hubungi kami melalui email di franchiseconsultant@ifbm.co.id

Salam Franchise,

 
 
 
Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

2 Comments

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!