Perbedaan Franchise, License dan Business Opportunity (BO)

Istilah Franchise, Lisence dan Business Opportunity (BO) kadang sulit dibedakan bagi masyarakat awam. Namun sebenarnya masing-masing istilah ini memiliki perbedaan yang mendasar terutama mengenai hak yang diberikan.  Meskipun Franchise, License dan BO sama-sama pemberian hak berusaha kepada orang lain namun ada hal dasar yang membedakan ketiganya. Perbedaan Franchise, License & BO dijelaskan pada gambar di bawah ini.

Franchise, License dan Business Opportunity (BO)

Franchise > hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian franchise. Atau dengan kata lain Franchise dapat diartikan sebagai Hak yang diberikan oleh franchisor kepada franchisee berupa Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan Business Format

License > hak yang diberikan oleh licensor (pemberi lisensi) kepada licensee (penerima lisensi) untuk menggunakan hak kekayaan intelektualnya saja tanpa pemberian hak untuk menggunakan format bisnis dari pemberi license. Atau dengan kata lain License dapat diartikan sebagai Hak yang diberikan oleh franchisor kepada franchisee berupa Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) dan Business Format

Yang termasuk dalam Hak Kekayaan Intelektual adalah :

 Hak Kekayaan Intelektual (HKI)

Sumber : www.dgip.go.id

Business Opportunity > Suatu kesempatan usaha dengan menggunakan produk/ alat/metode dari pengusaha pemberi (penjual) paket B.O. Dimana pada umumnya penerima BO diminta untuk membayar paket BO yang di dalamnya termasuk: materi untuk initial start-up usaha serta harga BO dimaksud.

Berdasarkan penjelasan di atas, pengertian Franchise, License dan BO jelas berbeda. Masing-masing pola kerja sama memiliki keunggulan dan kelemahan. Jadi kembali lagi pada visi Anda sebagai pengusaha untuk memilih pola mana yang akan digunakan.

Untuk berkonsultasi lebih lanjut silahkan kirim email ke franchiseconsultant@ifbm.co.id

Salam Franchise,

Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

 

3 Comments

  1. Salsabil

    Terima Kasih infonya, bermanfaat sekali membantu saya dalam mengerjakan tugas kuliah 🙂

  2. Rigen P. Chandrawinata. S

    terima kasih atas informasinya atas perbedaan di antara ketigaNya…

    saya mungkin akan hal ini !! tapi dengan ada nya penjelasan yang bapak lampirkan di atas. saya kini mulai mengerti untuk menyusun kembali manajemen usaha saya..

    Success selalu pak

  3. ramses

    bagus pak infonya,terima kasih
    saya mau tanya, contoh perusahaannya yg franchise itu apa, yg license itu apa dan Business Opportunity itu apa ya?
    saya sekarang di jogja, dan saya melihat banyak sekali yg seperti franchise, tapi setelah saya lihat, ada yang berbeda
    mohon dijawab pak, tq

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!