Sebuah Cerita Martabak Hawaii

MARTABAK HAWAIISudah dengar “Martabak Hawaii”? Gerai martabak Hawaii ini ada di Sidoarjo miliki pengusaha kecil asal Madura yang sangat inspiratif. Dia adalah bapak guru Rahman yang juga seorang Kepala Sekolah,  dan telah mengikuti program workshop Franchise (Waralaba) yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Saat ini Martabak Hawaii ada 3 gerai; 2 di Sidoarjo dan 1 di Madura. Bulan Februari 2014 akan membuka satu gerai lagi di Surabaya, dan diharapkan nantinya bisa dikembangkan dengan system Franchise keseluruh wilayah di Indonesia.

Apa yang menarik dari martabak Hawaii? produknya menurut saya memiliki kualitas yang bagus; rasanya enak, sajiannya menarik, harganya murah, dan kualitasnya sangat baik. Pak Rahman menyampaikan pada saya bahwa martabaknya masih tetap lembut saat dimakan keesokan harinya, dan memang betul! Tetapi buat saya, yang paling menarik dari martabak Hawaii adalah pemiliknya. Dia adalah cermin manusia yang produktif. Tidak terjebak kepada pola dan kebiasaan pekerjaannya sebagai pendidik dan pemimpin sekolah. Sekalipun demikian, sesuai profesinya, Pak Rahman sangat serius mempelajari pembentukan system Franchise saat bimbingan teknis  dan fasilitasi waralaba yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI.

Saat saya tanyakan perkembangan gerainya P Rahman mengatakan terus terang bahwa 1 gerainya di Madura kinerjanya tidak sebagus yang di Sidoarjo. Harga produknya yang menurut saya relative murah jika dibandingkan dengan martabak di Jakarta atau Bandung, menurut Pak Rahman kurang terjangkau oleh pasarnya di Madura. 

P Rachman -MARTABAK HAWAIIMenurut saya ungkapan yang berani untuk menceritakan kondisi outletnya adalah proses Pak Rahman untuk “mastery” di bisnisnya. Itu adalah syarat pertama untuk mem- franchise –kan bisnisnya.

Saat ini Pak Rahman sedang terus mempersiapkan bisnisnya agar terstandar dengan rapih dan mudah untuk diajarkan kepada pihak lain. Dia sangat antusias melihat perhitungan simulasi kelayakan franchise –nya sangat menguntungkan.

Mudah-mudahan rencananya untuk franchise bisa terealisasi secepatnya di 2014. Jangan lupa untuk mencoba produknya dulu, sebelum membeli franchise –nya…

 

Surabaya, Februari 2014.                                                                     

-burang riyadi

International Franchise Business Management ( IFBM )
Menara Kadin Indonesia 30 Floor
Jl.HR.Rasuna Said Blok X-5 Kav 2-3
Jakarta 12950
Telp.(+62-21)52994547  Fax (+62-21)52994599


1 Comment

  1. Dewi Roosdiana

    Semoga bs menjadi inspirasi bg guru di Indonesia tuk segera memiliki usaha.krn banyaknya waktu luang di luar jam mengajar.Jgn hanya mengandalkan gaji dan sertifikasi saja.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!