Sekolah Franchise , Perlukah…?

Mungkin itu adalah pertanyaan kita semua yang bergerak di industri franchise saat ini.

Itu pula yang terbersit di benak saya beberapa tahun lalu saat saya mulai mengenal franchise, dimana pada saat itu belum banyak kesempatan untuk mempelajarinya secara lebih dalam.
Dengan perkembangan industri franchise yang semakin pesat , kita mulai menyadari adanya sebuah kendala betapa terbatasnya sumber daya manusia yang memuhi kualifikasi yang sesuai dengan bidang usahanya terutama di level middle management.
Persaingan begitu ketat , perusahaan mencari tenaga kerja dengan cara beriklan, mendapatkan referensi, melalui head hunter dan lain sebagainya, yang hasilnya sering tidak dapat memenuhi kebutuhan , pada akhirnya bajak membajak personel antar perusahaan franchise sudah biasa kita lihat.

 Bagi perusahaan yang usahanya makin berkembang, tentu membutuhkan organisasi yang semakin besar pula dan menjadi makin mendesak manakala duplikasi usahanya berkembangan lebih cepat dari yang diperkirakan, sehingga tidak ada waktu lagi untuk melakukan pelatihan atau pembinaan , yang dibutuhkan adalah tenaga kerja yang siap pakai, profesional dan mandiri, kondisi ini menurut saya bisa menjadi sebuah peluang atau tantangan bagi para profesional yang tertarik terjun di industri franchise dan harus bisa dimanfaatkan sebaik baiknya. Jumlah pencari kerja setiap tahunnya meningkat namun tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia, hal ini yang menjadikan persaingan diantara para pencari kerjapun semakin ketat dan membuat para penyedia lapangan kerja lebih selektif dalam proses recruitmentnya. Tidak ada cara lain bagi para pencari kerja untuk lebih membekali diri dengan pengetahuan yang memadai.
Sudah banyak upaya yang dilakukan beberapa institusi untuk menciptakan profesional dibidang franchise ini, baik melalui program training, workshop , seminar dan lain sebagainya yang mungkin ini tidak akan cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan pasar, oleh karena itu saya dan rekan-rekan konsultan ingin menjawab tantangan ini dengan lebih pasti lagi. Jadi pertanyaan judul diatas akan kami jawab bukan hanya perlu tapi IT’S TIME.

-Salam-
Evi Diah Puspitawati
INTERNATIONAL FRANCHISE BUSINESS MANAGEMENT
Kantor Konsultan Franchise

Menara KADIN 30th Fl
Jl. HR. Rasuna Said Blok X-5 kav. 2-3
Jakarta 12190 – Indonesia
Ph.:(62-21) 52994547 (hunting), Fax. (62-21) 52994599

Flyer WS 25-26 April 2018

Business Opportunity

army-navy-b-tn

30974-moc_cover_biru_depo-isi-ulang

Video