Sekolah Franchise , Perlukah…?

Mungkin itu adalah pertanyaan kita semua yang bergerak di industri franchise saat ini.

Itu pula yang terbersit di benak saya beberapa tahun lalu saat saya mulai mengenal franchise, dimana pada saat itu belum banyak kesempatan untuk mempelajarinya secara lebih dalam.
Dengan perkembangan industri franchise yang semakin pesat , kita mulai menyadari adanya sebuah kendala betapa terbatasnya sumber daya manusia yang memuhi kualifikasi yang sesuai dengan bidang usahanya terutama di level middle management.
Persaingan begitu ketat , perusahaan mencari tenaga kerja dengan cara beriklan, mendapatkan referensi, melalui head hunter dan lain sebagainya, yang hasilnya sering tidak dapat memenuhi kebutuhan , pada akhirnya bajak membajak personel antar perusahaan franchise sudah biasa kita lihat.

 Bagi perusahaan yang usahanya makin berkembang, tentu membutuhkan organisasi yang semakin besar pula dan menjadi makin mendesak manakala duplikasi usahanya berkembangan lebih cepat dari yang diperkirakan, sehingga tidak ada waktu lagi untuk melakukan pelatihan atau pembinaan , yang dibutuhkan adalah tenaga kerja yang siap pakai, profesional dan mandiri, kondisi ini menurut saya bisa menjadi sebuah peluang atau tantangan bagi para profesional yang tertarik terjun di industri franchise dan harus bisa dimanfaatkan sebaik baiknya. Jumlah pencari kerja setiap tahunnya meningkat namun tidak sebanding dengan lapangan kerja yang tersedia, hal ini yang menjadikan persaingan diantara para pencari kerjapun semakin ketat dan membuat para penyedia lapangan kerja lebih selektif dalam proses recruitmentnya. Tidak ada cara lain bagi para pencari kerja untuk lebih membekali diri dengan pengetahuan yang memadai.
Sudah banyak upaya yang dilakukan beberapa institusi untuk menciptakan profesional dibidang franchise ini, baik melalui program training, workshop , seminar dan lain sebagainya yang mungkin ini tidak akan cukup lagi untuk memenuhi kebutuhan pasar, oleh karena itu saya dan rekan-rekan konsultan ingin menjawab tantangan ini dengan lebih pasti lagi. Jadi pertanyaan judul diatas akan kami jawab bukan hanya perlu tapi IT’S TIME.

-Salam-
Evi Diah Puspitawati
INTERNATIONAL FRANCHISE BUSINESS MANAGEMENT
Kantor Konsultan Franchise

Menara KADIN 30th Fl
Jl. HR. Rasuna Said Blok X-5 kav. 2-3
Jakarta 12190 – Indonesia
Ph.:(62-21) 52994547 (hunting), Fax. (62-21) 52994599

6 Comments

  1. Selamat Sore Ibu Fosa

    Apa kabar Bu..
    Terima kasih atas perhatian ibu pada artikel kami
    Untuk sekolah calon terwaralaba (Franchisor) menurut kami saat ini belum ada , namun untuk program pelatihan atau workshopnya biasanya kami secara rutin mengadakan 3 bulan sekali dan lamanya pelatihan 3 hari , program kami tersebut “How To Franchise Your Business” nantinya kami akan ajarkan ibu cara tepat dan sistematis bagaimana memfranchisekan bisnis ibu ,kami akan ajarkan ibu bagaimana membuat Bisnis konsepnya , bagaimana membuat organisasi franchisenya ,bagaimana perhitungan franchisenya dan bagaimana cara sukses memasarkan bisnis franchise ibu nantinya dari program ini sudah banyak yang menjadi pebisnis franchise
    Jika ibu berminat dapat menghubungi kami di franchiseconsultant@ifbm.co.id atau di 087883188897

    -Salam Franchise-

    Taufik Hidayat

  2. Selamat siang pak Herry

    Kami mempunyai program pelatihan bagi calon franchisor yaitu workshop franchise ” How To Franchise Your Business ‘ program ini biasa kami lakukan setiap 4 Bulan sekali setiap tahunnya dan sudah banyak perusahaan besar ditanah air yang mengikuti program ini , didalam program ini kami akan ajarkan bapak bagaimana membuat bisnis konsep ,bagaimana membentuk organisasi franchisenya , bagaimana proyeksi usaha franchise serta aspek legalitas yang diperlukan dalam memfranchisekan bisnis kita , jika bapak berminat kami akan selenggarakan di bulan February 2013 untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di 021-72780641 dan 021-93734500

    Terima kasih

    Taufik Hidayat

  3. Fosa

    Ibu/bapak, saat ini sekolah untuk para calon terwaralaba sudah ada belum ya? kalau ya, mohon infonya. Kalau belum ada sekolah, mungkin bisa diinfokan juga training atau program eksekutif tertentu (dan durasi program tersebut) yang khusus untuk melatih calon terwaralaba.

    Terimakasih

  4. Untuk franchise sekolah belum terlalu banyak, kami mempunyai beberapa klien Franchise sekolah yang sudah berjalan cukup baik misalnya : Sekolah Global Mandiri dan Stella Marriss mungkin bapak Johny bisa memilih salah satu diantaranya

    -Salam-

    Taufik Hidayat

  5. johny

    mbk, di mana sekolah frranchise yg sdh terbukti jalan?

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!