Siapkan Dana Investasi untuk Membangun Franchise !!

Memiliki sebuah usaha yang difranchisekan, tentunya sangat menyenangkan. Karena secara cepat brand kita bisa segera ada di berbagai tempat, bahkan yang lebih menyenangkan lagi untuk membuka outlet baru di beberapa tempat tersebut malah menggunakan modal milik orang lain (franchisee kita). Namun untuk menjadi Franchisor tidak dapat semudah itu. Butuh kerja keras untuk mempersiapkan bisnis franchise yang kuat dan tahan jangka panjang. Untuk memulainya, setidaknya perlu melakukan investasi dalam hal-hal berikut:

 Investasi Franchisor

Hal-hal yang disebutkan di atas hanya sebagian kecil item investasi yang mungkin dibutuhkan apabila ingin menjadi franchisor baru. Namun yang pasti, memfranchisekan bisnis bukan berarti cara cepat untuk mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha. Perusahaan yang ingin menjadi franchisor justru perlu melakukan investasi diawal ketika mempersiapkan sistem franchise-nya.

InvestasiDengan kata lain, ketika ingin memfranchisekan bisnis, sama artinya kita ingin membangun sebuah industri. Misalnya kita ambil contoh sebuah restoran, untuk memfranchisekan bisnis, sebuah restoran harus memikirkan bahan-bahan makanan mana saja yang harus disupply dari franchisor dan bahan mana saja yang boleh dibeli sendiri oleh franchisee dengan spesifikasi yang sudah ditentukan. Lalu barang-barang yang disupply dari franchisor, apakah barang tersebut dipasok dalam kondisi bahan mentah, bahan setengah jadi atau bahan jadi. Oleh karena itu, franchisor perlu mempertimbangkan untuk membangun central kitchen yang berfungsi untuk mempersiapkan dan mengatur pendistribusian bahan baku ke outlet restoran. Hal ini bertujuan untuk efektifitas dan efisiensi dalam proses pendistribusian bahan baku serta berperan penting untuk menjaga kualitas bahan makanan.

Dari ilustrasi di atas kita baru mengupas bagian penanganan bahan baku, kita belum mengupas proses customer service, training, customer relationship management, dan lain sebagainya yang juga tidak kalah pentingnya. Oleh karena itu, jika ingin memfranchisekan bisnis, mulailah berpikir untuk merancang industri untuk bisnis Anda sendiri. Jadi dengan kata lain, membangun sebuah bisnis Franchise dapat  dikatakan sebagai langkah awal untuk membangun sebuah industri atas bisnis Anda.

Maka bersiaplah untuk berpikir besar, apabila ingin membangun bisnis Franchise.

salam,

Wahdi Fakhrozy
International Franchise Business Management ( IFBM )
Franchise Consultant Firm
Menara Kadin Indonesia 30 Floor
Jl.HR.Rasuna Said Blok X-5 Kav 2-3
Jakarta 12950
Phone: (+62-21) 52994547
Fax     : (+62-21) 52994599


Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!