Training Franchise : Pentingnya Mempersiapkan Training Bagi Franchisee

Training atau pelatihan merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh franchisor untuk membantu franchisee-nya agar lebih sukses. Dalam melakukan training tidak cukup hanya dengan melakukan sekali atau dua kali training. Hal ini sangat masuk akal mengingat ilmu dan pengalaman bisnis yang harus ditransfer dari franchisor ke franchisee sangat banyak terutama franchisor yang telah berpengalaman sukses bertahun-tahun.

Training Franchise

Kegiatan pelatihan yang diberikan oleh franchisor kepada franchisee nya sebaiknya terdiri dari 5 jenis, yaitu:

  • Initial training

Initial training atau pelatihan awal merupakan pelatihan yang diberikan oleh franchisor kepada franchisee-nya yang baru. Initial training ini biasanya berisi tentang informasi mengenai perusahaan franchisor, informasi mengenai produk, penjelasan mengenai Standard Operating Procedure (SOP) di outlet, serta tata cara melakukan kegiatan pemasaran, operasional dan administrasi di outlet milik franchisee. Umumnya initial training ini tidak dikenakan biaya kepada franchisee, karena sudah dihitung dari besaran franchise fee yang dibayarkan oleh franchisee diawal kerjasama.

  • Refresher training

Refresher training atau pelatihan penyegaran biasanya dilakukan secara berkala, bisa dibuat 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali. Refresher training ini bertujuan untuk mengingatkan kembali karyawan dari outlet franchisee mengenai SOP yang dimiliki oleh perusahaan. Sebaiknya training ini diwajibkan bagi karyawan franchisee untuk menjaga mutu serta menyamakan pelayanan yang diberikan di setiap outlet franchisee. Biaya refresher training ini biasanya dibebankan kepada franchisee, namun hal ini bukan suatu ketentuan, karena biasa saja franchisor mengratiskan biaya training ini sebagai bentuk dukungan franchisor kepada outlet franchisee.

  • New product training

New product training atau pelatihan produk baru biasanya dilakukan sebagai bentuk sosialisasi dari franchisor kepada franchisee mengenai produk baru yang akan dijual di outlet. Pelatihan ini biasanya bebas biaya dan wajib diikuti oleh semua franchisee.

  • Replacement training

Replacement training atau pelatihan pengganti biasanya dilakukan apabila ada pergantian karyawan di outlet franchisee. Replacement training ini wajib diikuti oleh karyawan baru yang akan bekerja di outlet franchisee. Replacement  training ini dapat dikenakan biaya tambahan oleh franchisor, namun kadang karyawan baru pengganti ini tidak perlu diikutkan pada replacement training dengan syarat karyawan lama yang akan digantikan tempatnya harus mengajari karyawan baru penggantinya terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu.

  • Training by request

Training by request atau pelatihan berdasarkan permintaan merupakan pelatihan yang dilakukan berdasarkan permintaan dari franchisee. Biaya pelatihan ini umumnya dibebankan kepada franchisee. Franchisor akan menyiapkan tempat, materi dan pengajar yang akan melakukan training.

Training yang perlu dilakukan oleh franchisor, memang tidak sedikit dan perlu dilakukan berulangkali. Hal ini bertujuan untuk transfer knowledge dari franchisor yang telah berpengalaman (mastery) di bidang usahanya kepada franchisee atau karyawan franchisee agar dapat meraih sukses seperti franchisornya. Jadi, apabila ada bisnis franchise yang hanya memberikan 1 kali training diawal selama durasi 2 minggu atau bahkan 1 bulan lalu franchisee nya dilepas untuk berbisnis sendiri, rasanya sangat mustahil franchisee tersebut bisa meraih sukses seperti yang diraih franchisor. Malah yang terjadi, franchisee harus berusaha dan berjuang sendiri tanpa bantuan, tanpa arahan dan bimbingan untuk mencari cara membuat bisnisnya sukses.

Oleh karena itu, penting bagi pengusaha yang ingin menjadi franchisor untuk menyiapkan pola training, modul training, tempat training dan segala hal yang dapat menunjang program training yang berkelanjutan untuk menciptakan franchisee yang sukses. Karena franchisee yang sukses akan membuat brand Anda sebagai franchisor semakin berkibar lagi, tidak hanya di dalam negeri mungkin hingga mancanegara.

Salam Franchise,

 
 
Wahdi Fakhrozy
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
 Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3

Jakarta

30974-moc_cover_biru_depo-isi-ulang

Video