Untungnya Memfranchisekan Bisnis

franchise successKetika ingin mengembangkan usaha yang sudah berjalan, ada banyak pilihan yang dapat diambil. Misalnya dengan membuka cabang lagi di lokasi lain dengan modal sendiri, atau bisa juga dengan mengajak orang lain untuk membuka usaha bersama (joint venture), atau mengambil alih usaha orang lain yang sejenis yang telah berjalan baik (take over), atau malah bisa juga membeli sebagian saham perusahaan yang memiliki potensi besar. Selain pilihan-pilihan yang digambarkan sebelumnya, ada satu pilihan lain yang dapat diambil, yaitu dengan memfranchisekan bisnis.

Memfranchisekan bisnis merupakan salah satu alternatif yang sangat menguntungkan ketika ingin mengembangkan usaha. Keuntungan yang dapat dimiliki ini tentu sangat menarik apabila dibandingkan mengembangkan usaha dengan membuka cabang sendiri. Meskipun demikian, ada persiapan yang perlu dilakukan ketika ingin memfranchisekan bisnis. Pada artikel ini, khusus akan membahas keuntungan  yang dapat diraih apabila mengembangkan bisnis dengan sistem franchise.

Keuntungan ketika memfranchisekan bisnis diantaranya :

  • Mendapatkan dana segar untuk pengembangan usaha dari pihak lain.

Seperti perusahaan yang Go Public, perusahaan franchise juga berpeluang untuk mendapatkan dana segar dari pihak lain dalam bentuk dana investasi pembukaan outlet baru dari pihak franchisee yang bergabung. Jadi pengembangan outlet dapat dilakukan dengan dana investasi milik franchisee.

  • Mempunyai peluang untuk memiliki passive income

Dari usaha franchise yang berjalan baik, franchisor berpeluang untuk mendapatkan passive income dari franchisee dalam bentuk royalti yang dibayarkan oleh franchisee. Royalti biasanya dibayarkan secara bulanan oleh franchisee sebagai kompensasi penggunaan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) milik franchisor. Sehingga semakin bagus jalannya bisnis, maka semakin besar pula royalty yang dapat diterima oleh franchisor sebagai passive income.

  •  Tidak mengeluarkan modal sendiri untuk mengembangkan merek dan outlet

Bisnis yang dikembangkan dengan sistem franchise, tidak perlu mengeluarkan modal untuk mengembangkan merek serta outletnya, karena merek akan berkembang dengan sendirinya seiring dengan banyaknya franchisee yang membuka outlet. Bagi franchisor, kondisi ini akan semakin menguntungkan karena modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan outlet merupakan modal milik franchisee.

  • Produk/jasanya bisa terjual dengan cepat dan bertambah banyak, bahkan dengan jangkauan yang lebih luas.

Keuntungan ini sudah tentu dapat dicapai oleh franchisor seiring dengan semakin banyaknya outlet yang dibuka. Karena dengan outlet yang tersebar dimana-mana, maka produk atau jasa yang dijual akan semakin dekat dengan konsumen sehingga peluang untuk terjual lebih banyak juga terbuka lebar.

  • Merek usahanya lebih cepat terkenal, karena outletnya dibuka dengan lebih cepat, lebih banyak dan lebih menyebar.

merek yang ikut terkenal seiring bertambah banyaknya outlet merupakan konsekuensi wajar yang didapat dengan membangun franchise. Jadi secara tidak langsung sistem franchise merupakan salah satu cara untuk membuat merek lebih cepat terkenal.

  • Dengan jumlah outlet yang lebih banyak & merek yang lebih terkenal membuat daya tawar pembelian barang kepada suplier menjadi lebih baik. Pembelian bisa menjadi lebih murah

Jumlah outlet yang banyak serta merek yang lebih terkenal akan membuat franchisor memiliki daya tawar yang lebih kuat terhadap supplier. Karena volume barang yang dibeli oleh franchisor tentunya untuk skala yang lebih besar. Misalnya jika 1 outlet membutuhkan 10 kg bahan baku perhari, maka untuk 10 outlet franchisee akan membutuhkan 100 kg bahan baku perhari. Pembelian bahan baku yang lebih banyak ini membuat franchisor mendapatkan harga yang lebih murah dari supplier.

  • Kebutuhan tenaga kerja menjadi lebih sedikit, karena tenaga kerja di outlet waralaba dimiliki dan dikelola oleh Penerima Waralaba.

Tenaga kerja di outlet franchisee merupakan karyawan franchisee, sehingga seiring bertambahkan outlet franchisee, franchisor tidak perlu pusing mengelola banyak karyawan di outlet. Karena karyawan di outlet franchisee, merupakan tanggung jawab franchisee. Karyawan yang harus dikelola franchisor hanya karyawan milik own outlet dan karyawan pada organisasi franchisor.

  • Nilai perusahaan menjadi lebih tinggi

Keuntungan paling utama dari sistem franchise adalah nilai perusahaan yang menjadi lebih tinggi. Karena dengan jaringan usaha yang luas, outlet yang tersebar dimana-nama serta merek yang dikenal masyarakat, maka perusahaan akan memiliki nilai yang tinggi, terlebih perusahaan dapat berjalan jangka panjang.

Dari penjelasan di atas dapat dibayangkan keuntungan memfranchisekan sebuah bisnis. Jadi apabila bisnis Anda sudah berjalan baik, sudah mendapatkan balik modal, lalu Anda siap untuk berbagi kesuksesan dengan orang lain, maka franchise adalah pilihan yang tepat. Menularkan kesuksesan dengan orang lain sembari memperbesar jaringan usaha dengan merek yang sudah Anda bangun. Go Franchise Indonesia!!

Jika ada pertanyaan yang ingin didiskusikan mengenai franchise, jangan ragu mengirimkan email ke kami di  franchiseconsultant@ifbm.co.id

 
 
Wahdi Fakhrozy
THE FRANCHISE CONSULTANT
wahdifakhrozy@franchiseorganizer.com
International Franchise Business Management
Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

3 Comments

  1. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085364558922
    PIN : FBSID007

  2. Selamat siang ibu Nurdjannah

    Terima kasih atas emailnya dan mohon maaf baru sempat kami balas emailnya ,Pengertian dalam usaha franchise yang kita tawarkan kepada mitra kita adalah HKI ( Merek ,Hak Cipta dan Rahasia dagangan dll ) dan bisnis kita secara menyeluruh sehingga banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari menstandarisasaikan bisnis kita , membentuk organisasinya , legalitas usaha sampai cara bagaimana kita menawarkan bisnis kita .
    saran kami sebaiknya ibu dapat mengikuti program pelatihan kami pada tanggal 17-18 Desember 2014 nanti sehingga ibu dapat mmenerapkan sendiri kepada bisnis yang ibu miliki.

    Salam,

    Taufik Hidayat

  3. Nurdjannah Alzubaidi

    Kami ,sebuah perusahaan mempunyai bisnis bakery,cake sejak 2001 dan kini ditambah Ice Cream dan Coffee.Banyak yang ingin bekerjasama dengan kami ,masalahnya
    1. brand kami masih dalam proses pendaftaran paten.
    2.mengingat kami sangat awam dalam bisnis waralaba,bagaimana kami bisa mendapat bimbingan tentang mewaralabakan bisnis kami dengan biaya yang terjangkau
    Mohon pejelasan

    Salaam ,

    Nurdjannah alzubaidi

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!