Usaha Franchise – Ciri-ciri Bisnis Local Champion

Picture11-620x342Indonesia dikenal sebagai Negara yang memiliki banyak sekali usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). UMKM ini tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. Bisnis UMKM yang sudah berjalan sejak lama di Indonesia kadang ada yang menjadi sangat besar dan kuat di daerah asalnya. Bisnis lokal yang besar dan dapat bertahan lama serta populer di masyarakat daerah asalnya, dapat dikatakan sebagai juara local (local champion).

Bisnis yang termasuk sebagai local champion ini biasanya dapat dilihat dari ciri-ciri berikut:

  • Outlet hanya berada di daerah asal dan sekitarnya

Bisnis local champion biasanya memiliki outlet utama yang berada di kota asal. Apabila bisnis tersebut membuka cabang biasanya lokasinya tidak jauh dari lokasi pertama. Dalam artian lokasi cabang kedua dan seterusnya biasanya masih berada di kota yang sama atau di propinsi yang sama. Jarang sekali cabang berikutnya yang dibuka di pulau yang berbeda atau bahkan di luar Indonesia.

  • Umumnya bersifat usaha keluarga

Bisnis local champion biasanya bersifat usaha keluarga. Bisnis keluarga ini biasanya dijalankan sudah cukup lama bahkan sudah mulai dipersiapkan untuk turun generasi. Karena sifatnya yang masih kental sebagai usaha keluarga maka untuk pengembangan usahanya pun cenderung lebih lambat ketimbang bisnis yang dikelola professional. Bahkan dibeberapa bisnis ada yang masih menggunakan “manajemen kunci laci”, jadi disetiap outlet pasti ada orang kepercayaan pemilik (biasanya masih memiliki hubungan keluarga) yang ditugaskan untuk menjadi kasir sekaligus memegang keuangan outlet.

  • Kegiatan operasional sangat bergantung pada beberapa orang saja

Sifat bisnis local champion yang berupa usaha keluarga memiliki konsekuensi bahwa operasional usaha sangat bergantung dengan beberapa orang kepercayaan saja. Orang kepercayaan ini biasanya memiliki hubungan kekerabatan yang cukup dekat dengan pemilik usaha. Bisnis yang sangat mengandalkan orang kepercayaan seperti ini tidak bisa cepat dalam pengembangannya. Karena dalam suatu titik pengembangan usaha, bisnis tersebut ada kemungkinan akan kehabisan orang kepercayaan untuk ditempatkan mengelola outlet cabang baru.

  • Belum memiliki organisasi baku

Sebagaimana bisnis yang bersifat sebagai usaha keluarga biasanya belum memiliki organisasi baku. Ciri paling mudah untuk dikenali adalah organisasi yang sentralistik. Atau segala sesuatu keputusan yang dirasa perlu diambil, harus ditanyakan terlebih dahulu kepada pemilik. Atau ciri lain yang mudah dikenali adalah pemilik usaha atau orang kepercayaan pemilik akan berprofesi sebagai kasir outlet.

  • Belum memiliki cara-cara pemasaran produk yang terencana

Bisnis yang bersifat local champion biasanya tidak terlalu memperhatikan cara-cara pemasaran  di outletnya. Biasanya yang dilakukan hanya “gelar lapak” dan pelanggan mulai kenal produk dan layanannya dari mulut ke mulut. Cara ini sebenarnya tidak salah. Namun di zaman yang kompetisi bisnis semakin ketat seperti sekarang, cara ini mulai ditinggalkan oleh sebagian pebisnis. Pebisnis saat ini harus lebih proaktif lagi dalam mendapatkan pelanggan. Oleh karena itu, bisnis local champion sebaiknya mulai untuk melakukan pemasaran yang lebih terencana tidak hanya “gelar lapak”.

  • Nama usaha sangat populer di masyarakat lokal

Sebagai bisnis yang telah lama berdiri serta memiliki basis pelanggan yang cukup banyak, maka sangat wajar apabila local champion memiliki nama dan reputasi yang populer di masyarakat lokal. Nama yang populer sejak lama inilah yang sebenarnya menjadi kekuatan bisnis local champion.

Dibalik kelebihan dan kekurangan bisnis local champion, sebenarnya bisnis yang seperti inilah yang sangat potensial untuk dikembangkan dengan sistem franchise. Bisnis yang sudah terbukti dapat bertahan lama, dengan basis pelanggan yang cukup banyak serta konsistensi produk dan layanan yang dapat memuaskan pelanggannya ini, dapat dikatakan sebagai bisnis yang sudah mastery. Pebisnis yang kuat dalam mastery bisnisnya mestinya dia dapat mengajarkan mitra/franchisee-nya dalam menjalankan bisnis yang sukses dan bertahan lama seperti pencapaian yang telah dimilikinya.

Jadi untuk Anda yang memiliki bisnis yang masuk kategori “local champion”, tidak ada salahnya untuk mulai mempertimbangan pengembangan bisnis dengan sistem franchise.

 

Salam,

 

Wahdi Fakhrozy

THE FRANCHISE CONSULTANT

International Franchise Business Management

Member of World Franchise Associate (WFA)

Menara Kadin Indonesia

Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3 Jakarta

wahdifakhrozy@yahoo.com

1 Comment

  1. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085364558922
    PIN : FBSID007

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!