Usaha Franchise – Kiat Sukses Menjadi Pengusaha

Usaha Franchise telah terbukti menjadi salah satu bisnis yang paling diminati di Indonesia maupun di seluruh dunia. Di Indonesia, dalam kurun waktu 11 tahun terakhir ini, usaha franchise atau disebut juga waralaba ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kita dengan sangat mudah dapat  menemukan franchise lokal dimana-mana, mulai dari mall sampai ke pusat pertokoan biasa.

franchiseSalah satu alasan utama mengapa orang suka memilih bisnis dengan cara franchise adalah karena lebih mudah menjalankannya daripada memulai usaha sendiri. Dengan membeli suatu bisnis franchise tertentu, setidak-tidaknya kendala dalam menguasai seluk beluk suatu bisnis tertentu dapat diatasi dengan cepat dan murah.

Usaha  Franchise lokal di Indonesia berkembang dengan pesat dikala ekonomi  Indonesia dilanda krisis moneter pada tahun 1998, yaitu pada waktu ekonomi sedang tidak menentu, sedangkan bisnis Franchise asing banyak sekali yang bangkrut, dikarenakan anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Franchise dengan segala kemudahannya, menjanjikan sesuatu yang dapat dijadikan pegangan oleh para pebisnis yang ingin memulai bisnisnya tanpa harus memiliki pengalaman yang banyak di bidang tersebut.

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh mereka yang ingin memulai bisnis dan memilih Franchise yang cocok dan memiliki prospek yang bagus, antara lain:

  • Apakah ada usaha untuk selalu mempromosikan mereknya
  • Apakah Franchisor akan memberikan support yang berkesinambungan
  • Apakah organisasi Franchisor sesuai dengan support yang dijanjikannya
  • Bagaimana rencana pemasaran selama tahun-tahun operasinya

Usaha Franchise jika dikelola dengan baik dan benar, ditambah dengan mendapatkan Franchisor yang baik dan supportif akan menjadi solusi bagi mereka yang ingin segera memulai bisnis dan segera berhasil. Hal yang paling penting untuk diingat adalah bekerjasamalah dengan Franchisor, karena mereka adalah orang yang ahli dibidangnya.

army-navy-b-tn

30974-moc_cover_biru_depo-isi-ulang

Video