Usaha Franchise – Membeli Franchise Agar Punya Bisnis Sampingan?

Picture1Membeli franchise agar punya bisnis sampingan, sepertinya sudah menjadi mindset umum masyarakat kita di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Pemahaman yang sebenarnya tidak terlalu tepat ini terus berkembang seolah-olah dengan membeli bisnis franchise, maka bisnis tersebut dapat diperlakukan sebagai bisnis sampingan yang tidak perlu terlalu diurus karena sudah ada sistem dari franchisor dan dijamin pasti untung. Padahal sebagaimana kita ketahui, bahwa hasil atau kesuksesan yang didapat tentunya bergantung usaha yang kita lakukan. Jadi dapat dikatakan bahwa bisnis yang dijamin pasti untung itu adalah sesuatu yang mustahil didapat.

Untuk memiliki bisnis yang sukses dan menguntungkan, pembeli franchise (franchisee) tetap harus mengurusi bisnisnya dengan serius. Pembeli franchise tidak dapat menggantungkan kesuksesan outlet yang dimilikinya kepada franchisor-nya (penjual franchise). Franchisee dan Franchisor sebaiknya menjalankan peran yang berbeda namun tetap berkesinambungan dalam mencapai kesuksesan. Franchisor sebaiknya berperan dalam pengembangan konsep dan sistem yang diterapkan di outlet, sedangkan franchisee berperan dalam pengelolaan operasional dan SDM (Sumber Daya Manusia) di outlet.

Oleh karena itu, apabila ingin membeli bisnis franchise atau menjadi franchisee, maka Anda perlu menguatkan komitmen dalam menjalankan bisnis yang Anda beli ini. Bisnis yang sukses menuntut perlu dikerjakan dengan fokus, serius serta komitmen kuat dari pemiliknya. Sebagai seorang franchisee, berarti Anda adalah pemilik bisnis yang Anda beli dari Franchisor. Jadi sebaiknya jangan beli franchise untuk dijadikan usaha sampingan. Karena sayang dana investasi yang sudah Anda keluarkan, apabila tidak kembali modal karena Anda kurang fokus menjalankan bisnis.
Sebaiknya Anda dapat memanfaatkan keberadaan franchisor yang sudah lebih dulu menjalankan bisnis ini terlebih dahulu sebagai mitra tempat bertanya dan berkonsultasi kesulitan Anda dalam menjalankan bisnis. Anda juga dapat memanfaatkan dukungan serta pelatihan yang diberikan oleh franchisor untuk memaksimalkan kemampuan Anda dan karyawan outlet Anda agar dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada pelanggan.

Salam,
Wahdi Fakhrozy
THE FRANCHISE CONSULTANT
wahdifakhrozy@yahoo.com
International Franchise Business Management
Member of World Franchise Associate (WFA)
Menara Kadin Indonesia
Jl.HR Rasuna Said Kuningan Blok X – 5 Kav 2-3
Jakarta

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!