Waralaba Franchise – Kiat Sukses Usaha Franchise

Waralaba Franchise di Indonesia sudah lumayan berkembang belakangan ini. Franchise tips minggu ini adalah kiat sukses membeli waralaba atau franchise. Banyak pertanyaan kepada kami sebagai konsultan franchise yaitu bagaimana cara memilih franchise yang benar atau apa sih kiat kiat kalau kita membeli franchise.  Perlu kita ketahui banyak pilih jenis usaha yang ditawarkan kepada kita apakah itu BO  ( Business Opportunity) , Franchise ataupun lisensi.

Semua jenis usaha tersebut hampir mempunyai cara yang sama,  hanya saja jika bisnis waralaba franchise memiliki banyak keunggulan dari bisnis serupa antara lain bisnisnya telah teruji dan memiliki dokumen yang tersistem dengan rapih.

BO ( Business Opportunity ) masih dalam tahap perkenalan dan biasanya belum terlalu lama sehingga bisnisnya belum teruji. Jika  anda berminat untuk membeli bisnis franchise,  sangat disarankan menggunakan jasa konsultan franchise.

Berinvestasi dengan membeli waralaba/franchise memerlukan pemahaman yang cukup dalam mengenai bisnis franchise  karena bisnis franchise memiliki karakteristik yang khusus dan juga memerlukan investasi yang cukup besar. Banyakit dari kita yang telah berinvestasi besar dan memerlukan  tenaga yang cukup ekstra ternyata harus tutup karena tidak memahami bisnis franchise tersebut .

Di Indonesia sendiri konsultan franchise tidak terlalu banyak  jika dibandingkan dengan konsultan pajak, keuangan atau bisnis sekalipun jika anda berkeinginan untuk membeli franchise tentunya kita harus memahami aspek apa saja yang menjadi keuntungan bagi kita jika membeli franchise :

  1. Learning Curve yang singkat
  2. Keuntungan menggunakan jaringan nama usaha yang terkenal
  3. Mendapatkan bantuan memulai usaha
  4. Jaminan Suplai & dukungan usaha lainnya
  5. Kekuatan dalam kegiatan promosi yang efisien

Jika bisnis franchise bisa memberikan keuntungan tetapi  bisnis franchise juga dapat merugikan kita sebagai si pembeli franchise diantaranya :

  1. Sekalipun usahanya dimiliki sendiri,tetapi kebijakan umum masih ditentukan oleh franchisor
  2. Untuk membentuk sistem yang baku ,perlu adanya proses yang lebih birokratis

Bagaimana cara memilih franchise yang baik atau ideal antara lain :

  1. Tidak menjual  produk tunggal
  2. Masa Expire datenya panjang
  3. Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak
  4. Tidak membutuhkan ketrampilan yang rumit atau mempunyai sistem yang terbukti berhasil
  5. Produknya sudah terkenal
  6. Mempunyai margin tinggi
  7. Prospek pasarnya  tumbuh berkembang

Dari mana saja informasi mengenai bisnis franchise kita dapat? Biasanya kita mendapatkan info  tentang waralaba/franchise dari mass media baik majalah atau Televisi  maupun seminar seminar tentang franchise oleh event organiser  bahkan yang lebih menarik justru kita mengenalnya dari brosur- brosur yang dibagikan pada setiap pameran franchise yang diselenggarakan tiap tahunnya jika anda ingin mendapatkan  informasi lebih lanjut dapat memberikan pertanyaan kepada kami apa dan bagaimana cara yang lebih baik jika akan membeli franchise  dialamat email kami : franchiseconsultan@ifbm.co.id atau di 021-93734500

Selamat menjalankan bisnis franchise

Taufik  Hidayat

30974-moc_cover_biru_depo-isi-ulang

Video