Yang perlu dilakukan Franchisor agar Outlet Franchisee PASTI SUKSES

Yang perlu dilakukan Franchisor agar Outlet Franchisee PASTI SUKSES

  1. Siapkan konsep. Business Model yang UNGGUL-MENANG BERSAING, yaitu:
    Memiliki Unique Selling Preposition (USP) yang membuat lebih banyak orang belanja dioutlet.
    Misalnya: punya program Branding yg lebih intensif. Atau punya produk eksklusif yg diminati pasar. Atau punya icon artis yang paling terkenal, dlsb.
    Jika berpotensi mendatangkan lebih banyak orang belanja di outlet, maka bisnis ini memiliki potensi Sales lebih tinggi dari bisnis sejenis lainnya.
    Juga, memiliki Efisiensi yg lebih tinggi dari outlet bisnis sejenis. Seperti misalnya: jumlah tenaga kerjanya lebih sedikit dari bisnis sejenis. Menggunakan otomasi. Tidak memerlukan luasan yang besar, dlsb. Jika konsep bisnisnya lebih Efisiensi dari bisnis sejenis, maka bisnis ini berpotensi lebih besar margin keuntungannya dari bisnis sejenis.
    Inilah konsep bisnis UNGGUL-MENANG BERSAING.
  2. Outlet Franchisee kita pasti sukses jika berada di LOKASI tepat. Yaitu Lokasi yang berada ditengah2 target market nya. Memperhatikan Hal tersebut, maka perlu bagi setiap pengusaha ritel until mengetahui betul dengan rinci “Siapa Target Market nya”.
  3. Outlet Franchisee kita pasti sukses jika PENGELOLA NYA SERIUS dan TERAMPIL (skillful) mengelolanya. Maka persiapan yang perlu dilakukan oleh Franchisor adalah mendapatkan Franchisee atau pengelolanya yang cooperative, teachable. Franchisor juga perlu mempersiapkan secara intensive untuk trainingnya.
  4. Outlet Franchisee bisa bertambah sukses jika, setelah pembukaan ada program MARKETING yang berkesinambungan. Tidak hanya fokus pada saat pembukaan outlet saja, dan setelah itu ditinggalkan karena sibuk membuka outlet-outlet yang berikutnya. Siapkan program-program marketing pada saat low season.
  5. Outlet Franchisee bisa berlanjut suksesnya jika, HUBUNGAN (RELATIONSHIP) ANTARA FRANCHISOR DAN FRANCHISEE berjalan dengan lancar. Pengiriman barang tepat waktu, tepat jumlahnya sesuai yang diminta, dan tepat jenis barang yang dikirimkannya (tidak salah barang). Monitoring teratur. Advis bisnis dilakukan dengan teratur.

Salam Franchise,

Burang Riyadi, MBA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

+